13 December 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Banjir Lhoksukon: Aktivitas Perkantoran dan Sekolah Masih Lumpuh

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 06 December 2017 16:25 WIB

Kondisi di pusat pertokoan di Lhoksukon, Aceh Utara, 6 Desember 2017. @Cut Islamanda/portalsatu.com
Kondisi di pusat pertokoan di Lhoksukon, Aceh Utara, 6 Desember 2017. @Cut Islamanda/portalsatu.com

LHOKSUKON - Banjir yang melanda Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, mulai surut sejak Rabu, 6 Desember 2017, dini hari. Air di ruas Jalan Medan-Banda Aceh sudah mengering. Namun di lintasan jalan menuju Kecamatan Cot Girek, tepatnya di Gampong Blang, Kecamatan Lhoksukon, masih sulit dilalui sepeda motor karena ketinggian air masih di atas lutut.

Pantauan portalsatu.com, meski banjir mulai surut, aktivitas perkantoran, sekolah dan bank masih lumpuh. Demikian juga pertokoan masih banyak yang tutup. Beberapa titik jalan di area pertokoan Kota Lhoksukon masih tergenang dengan ketinggian air antara 10 hingga 20 centimeter.

Khusus di Kampung Baru, Kuta Lhoksukon, ketinggian air di atas badan jalan sekitar 1 meter, sedangkan sebelumnya mencapai 1,5 meter. Sejumlah kantor masih terendam, di antaranya Pengadilan Negeri Lhoksukon, PT Telkom, Kantor Camat Lhoksukon, dan Polsek Lhoksukon. Dua sekolah yang berada di Kota Lhoksukon ikut terendam, yaitu SD Negeri 1, dan SD Negeri 2 Lhoksukon. Demikian pula dengan SD Negeri 3 Lhoksukon yang berada di kawasan pasar lama Lhoksukon.

Selain itu, Asrama TNI, Asrama Polri, Rumah Dinas Kapolres Aceh Utara, Rumah Dinas Ketua Pengadilan, Rumah Dinas Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Utara dan ratusan rumah warga juga masih terendam.

Jalan lintas menuju Kecamatan Lapang, di Gampong Pante, Kecamatan Lhoskukon masih digenangi banjir. Ratusan rumah warga di sekitarnya juga masih terendam.

Kepala SMA Negeri 3 Putra Bangsa, Drs. Jabangun kepada portalsatu.com menyebutkan, aktivitas belajar mengajar di sekolah lumpuh sejak hari pertama banjir.

"Sekolah memang tidak terendam, tapi tidak ada aktivitas belajar. Siswa yang tinggal di asrama sudah kita pulangkan sejak awal banjir. Sementara siswa full day banyak yang tidak bisa ke sekolah karena rumahnya terendam banjir, termasuk jalan lintas nasional yang hingga kemarin, Selasa, masih sulit dilalui," ujar Jabangun.

Sementara itu, Geuchik Gampong Blang, Iskandar mengatakan, "Alhamdulillah, banjir mulai surut, sejumlah warga mulai bersih-bersih rumah. Sebagian warga yang mengungsi di musala, rumahnya masih terendam. Untuk dapur umum masih difungsikan. Semalam, ada satu anak lelaki berusia lima tahun dievakuasi ke rumah sakit di Lhokseumawe karena demam tinggi."

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Munawar, saat hendak dikonfirmasi terkait banjir yang mulai surut, tidak menjawab panggilan di telepon genggamnya.[]

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.