15 December 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Banjir Sultan Daulat Membesar, Pemko Dirikan Dapur Umum

...

  • SUDIRMAN
  • 06 December 2017 12:20 WIB

SUBULUSSALAM - Banjir yang merendam tiga desa di Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam sejak tiga hari terakhir terus membesar. Pemerintah Kota Subulussalam langsung mendirikan posko kesehatan dan dapur umum bagi pengungsi.

"Iya banjir terus membesar, sudah banyak warga mengungsi," kata Camat Sultan Daulat, Muliadi kepada portalsatu.com, Selasa, 5 Desember 2017 malam.

Ketiga desa yang terendam banjir yaitu Kampung Sigrun, Jabi-Jabi dan Suka Maju. Di tiga desa tersebut sudah didirikan dapur umum dan posko kesehatan. Bantuan masa panik juga mulai mengalir kepada korban banjir.

Muliadi mengatakan banjir disebabkan tingginya curah hujan sejak beberapa pekan terakhir di daerah itu. Kondisi ini diperparah dengan banjir kiriman dari Aceh Tenggara, yang menyebabkan arus Sungai Souraya meluap ke permukaan dan merendam permukiman penduduk. Dia menyebutkan ketinggian air pada daerah tertentu bahkan mencapai satu meter lebih.

Selain itu, air setinggi lutut orang dewasa juga menggenangi badan jalan nasional, tepatnya di Desa Suka Maju. Akibatnya, kendaraan roda dua kesulitan melintas karena debit air sangat deras kecuali beberapa orang yang nekat menerobos banjir.

"Kondisi banjir terus naik, mobil masih bisa lewat, kalau Honda (sepeda motor) banyak tidak berani lewat karena debit air deras. Ada juga beberapa yang masih nekat lewat," kata Muliadi.

Wali Kota Subulussalam, Merah Sakti, juga turun ke lokasi untuk memantau kondisi banjir. Bahkan politisi Partai Golkar ini turut mengevaluasi korban banjir yang sedang sakit.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.