24 November 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Banyak Pasutri Ikut Isbat Nikah Massal di Gayo Lues

...

  • Win Porang
  • 27 October 2020 14:25 WIB

Puluhan pasutri mengikuti isbat nikah massal di Balai Pendopo Bupati Gayo Lues. Foto: Win Porang
Puluhan pasutri mengikuti isbat nikah massal di Balai Pendopo Bupati Gayo Lues. Foto: Win Porang

BLANGKEJEREN – Banyak pasangan suami istri (pasutri) yang belum memiliki buku nikah di Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, mengikuti isbat nikah massal di Balai Pendopo Bupati setempat, Selasa 27 Oktober 2020. Rata-rata pasutri tersebut sudah memiliki anak dan cucu.

Isbat nikah massal itu merupakan program penguatan, pengembangan, pemberdayaan dan peningkatan kerja sama peradilan syariat Islam. Kegiatan itu digelar kerja sama Dinas Syariat Islam, Mahkamah Syariah dan Kantor Kemenag menggunakan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2020.

Salah seorang pegawai Dinas Syriat Islam Gayo Lues mengatakan isbat (penetapan keabsahan) nikah hari ini khusus untuk pasutri di Kecamatan Blangkejeren. “Jumlah peserta isbat nikah massal Kecamatan Blangkejeren yang mendaftar kemarin 78 orang. Namun belum bisa dipastikan apakah semuanya hadir hari ini atau tidak, karena masih dalam proses isbat nikah massal," katanya.

Pegawai itu menyebut masih banyak pasutri di Kecamatan Blangkejeren belum memiliki buku nikah lantaran saat dilaksanakan pernikahan dahulu hanya secara agama. Oleh karena itu, mereka kini mengikuti isbat nikah agar memperoleh buku nikah yang dikeluarkan pemerintah.

Kepala Dinas Syariat Islam Gayo Lues, Husin, S.Ag., mengatakan isbat nikah massal akan digelar di 11 kecamatan secara bergilir. Total peserta mendaftar isbat nikah massal dari 11 kecamatan mencapai 520 pasutri.

"Jumlah peserta 520 pasangan dari seluruh kecamatan," kata Husin menjawab wartawan melalui layanan pesan singkat (SMS).[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.