18 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Banyak Tokoh Politik Uji Elektabilitas Jelang Pemilukada 2017

...

  • DATUK HARIS MOLANA
  • 20 March 2016 14:45 WIB

Dosen Sosiologi Universitas Malikussaleh, Dr. Nirzalin M.SI. @Irman
Dosen Sosiologi Universitas Malikussaleh, Dr. Nirzalin M.SI. @Irman

LHOKSEUMAWE – Banyak bakal calon Gubernur Aceh yang telah menyatakan diri maju di Pemilukada 2017 diduga hanya untuk mempublikasikan dirinya saja ke publik.

“Untuk melihat tingkat ketenarannya saja,” kata Dosen Sosiologi Universitas Malikussaleh, Dr. Nirzalin M.SI, ketika diwawancarai portalsatu.com, Sabtu, 19 Maret 2016.

Nirzalin mengatakan mereka yang benar-benar punya elektabilitas hanya beberapa orang saja. Dia menyebutkan seperti Irwandi Yusuf, Tarmizi Karim, Muzakir Manaf, Zaini Abdullah dan Abdullah Puteh. 

Menurut Nirzalin beberapa nama tokoh tersebutlah yang memang real memiliki massa politik. Sementara yang lainnya hanya berupaya menarik perhatian agar nantinya bisa dipinang menjadi calon wakil gubernur.

“Saya rasa selain nama di atas saat ini masih minim massa-nya. Oleh karenanya, mereka muncul agar bisa dilihat dan kemudian dilirik oleh mereka yang memang sudah jelas peta politiknya,” kata Nirzalin.

Selain itu Nirzalin juga menyebutkan kenapa hingga kini belum adanya calon yang mendeklarasikan wakilnya ke hadapan publik. Hal itu, menurutnya, dipengaruhi oleh belum ada hasil revisi UU Pilkada yang sedang digenjot di tingkat Pusat.

“Pusat sedang merevisi UU Pilkada terkait calon yang berstatus PNS, maupun legislatif dan eksekutif. Dalam regulasi tersebut mereka diharuskan mundur dulu dari jabatannya jika ingin masuk dalam bursa calon gubernur di pilkada mendatang,” ujarnya.

Menurut Nirzalin hal inilah yang menjadi kendala saat ini bagi para kandidat, khususnya bagi anggota dewan dan PNS. 

“Menurut saya, jika adanya revisi pastinya banyak calon yang ingin mengubah nasibnya. Dari belum sejahtera akan lebih sejahtera lagi. Namun ada juga yang memang benar-benar ingin mengabdikan dirinya kepada masyarakat,” kata Nirzalin.[](bna)

Editor: BOY NASHRUDDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.