31 March 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Baru Dikerjakan, Jalan Ujong Pacu Lhokseumawe Sudah Rusak

...

  • Fazil
  • 30 October 2019 19:00 WIB

Kondisi badan jalan menghubungkan Gampong Blang Naleung Mameh dengan Ujong Pacu, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, 30 Oktober 2019. Foto: Fazil/portalsatu
Kondisi badan jalan menghubungkan Gampong Blang Naleung Mameh dengan Ujong Pacu, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, 30 Oktober 2019. Foto: Fazil/portalsatu

LHOKSEUMAWE - Peningkatan badan jalan menghubungkan Gampong Blang Naleung Mameh dengan Gampong Ujong Pacu, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, baru dikerjaan kini kondisinya sudah rusak akibat ambles.

Pantauan portalsatu.com, Rabu, 30 Oktober 2019, di lokasi jalan tersebut tampak papan informasi dipasang pada salah satu pohon di pinggiran sungai berdekatan dengan titik jalan ambles. Tertulis "Pemerintah Kota Lhokseumawe, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, kegiatan pembangunan jalan (Otsus) Kota Lhokseumawe. Pekerjaan peningkatan Jalan Ujong Pacu, nomor kontrak: 18-KONT/BM/OTSUS-LSM/VIII/2019, tanggal 05 Agustus 2019, nilai kontrak Rp1.148.000.000, sumber dana APBK Lhokseumawe tahun 2019", dan nama penyedia (rekanan).

Badan jalan tersebut, sebelah timur bersisian dengan pagar Kompleks Perumahan PT PAG, dan arah baratnya terdapat sungai. Pada sisi sungai atau sebelah barat jalan itu sudah dibangun talut. Jalan itu ambles sepanjang sekitar 50 meter. Di tengah badan jalan tepatnya pada lokasi ambles terpasang papan tertulis “Hati-hati ada perbaikan jalan, pelan-pelan".

Geuchik Gampong Ujong Pacu, Muslem Hasballah, kepada para wartawan, mengatakan, badan jalan itu ambles setelah dikerjakan penimbunan (peningkatan) beberapa minggu lalu. "Pembangunan jalan itu baru sekitar tiga minggu, sekaligus dibuat talut. Akibat amblas (ambles) itu memang agak sulit dilewati, mobil kecil pun kesulitan, apalagi truk, tidak bisa lewat lagi," katanya.

Menurut dia, beberapa tahun lalu lokasi tersebut juga ambles, tetapi tidak begitu parah. “Ketika sekarang dibangun (peningkatan) jalan tersebut, amblas lagi,” ujar Muslem Hasballah.

Muslem menyebutkan, sebelum dikerjakan peningkatan badan jalan itu, kondisi aspal sudah rusak. Peningkatan badan jalan itu, kata dia, dikerjakan kontraktor sepanjang sekitar 500 meter.

“Informasi dari pihak Dinas PUPR, pembangunan jalan tersebut tetap akan dilanjutkan untuk diaspal, hanya tinggal bagaimana proses perbaikan di lokasi yang amblas itu saja seperti apa nantinya,” tutur Muslem.

Muslem menambahkan, salah satu solusi agar lokasi itu tidak ambles lagi, pihaknya berharap Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) memberikan lahan Kompleks Perumahan PT PAG sepanjang sekitar 300 meter dan lebar tiga meter untuk pembangunan jalan. "Karena jalur ini setiap hari dilintasi masyarakat Ujong Pacu dan sekitarnya,” ujarnya.

Sementara itu, saat portalsatu.com mendatangi Dinas PUPR Kota Lhokseumawe, Rabu usai waktu Zuhur, untuk mengonfirmasi soal proyek peningkatan Jalan Ujong Pacu itu, kepala dinas maupun kepala bidang sarana dan prasarana, tidak berada di kantornya. Hal itu berdasarkan keterangan beberapa staf Dinas PUPR.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.