29 September 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Basarnas Siapkan 200 Personil Gawat Darurat Selama Mudik Lebaran

...

  • MHD SAIFULLAH
  • 19 June 2017 16:00 WIB

@PORTALSATU.COM/Mhd Saiful
@PORTALSATU.COM/Mhd Saiful

BANDA ACEH - Badan SAR Nasional (Basarnas) Banda Aceh akan bekerja optimal dalam mengawal jalannya arus mudik tahun 2017 ini.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Basernas Banda Aceh, Suyatno, saat meresmikan operasi khusus lebaran 1438 H, di KN SAR Kresna 232, Laut Ulee Lheue, Minggu, 18 Juni 2017 kemarin.

"Kita cukup masif, kita upayakan selama lebaran ini aman, inshaa Allah," kata Suyatno.

Suyatno mengatakan telah menyiapkan 200 personil SAR serta dibantu dengan Satgas SAR yang ada di setiap daerah di Provinsi Aceh.

"Dalam operasi ini kita melibatkan Basarnas dan potensi SAR yang menjadi relawan itu sekitar 200, kemudian itu dibantu satuan tugas dari kabupaten dan kota," kata Suyatno.

"Di setiap kabupaten dan kota itu kita bentuk Satgas Satgas SAR, yang setiap anggotanya itu 10 sampai 20 personil," katanya lagi.

Selain telah mempersiapkan personil, Basarnas Banda Aceh juga telah mempersiapkan kendaraan secara optimal apabila terjadi keadaan darurat.

"Kita mengoptimalkan peralatan yang ada. Kita ada kapal, kemudian kita ada 5 unit Sea Rider yang kita tempatkan ke daerah-daerah. Kemudian ada perahu karet yang memang kita siapkan ke satuan-satuan SAR yang ada. Jadi kalau peralatan minimal tercukupi," kata Suyatno.

"Itu untuk di lautnya, sedangkan untuk di daratNya kita siapkan rescue truk. Kendaraan yang digunakan kalau ada orang-orang terjepit (akibat kecelakaan ataupun bencana), kita juga siagakan untuk antisipasi itu. Kemudian kita juga ada siapkan kendaraan-kendaraan untuk antisipasi apabila terjadi jalan-jalan yang longsor," katanya lagi.[]

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.