18 January 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Bau tak Sedap Tercium di Kawasan Perkuburan Paus

...

  • TAUFAN MUSTAFA
  • 17 November 2017 19:40 WIB

BANDA ACEH - Bau tidak sedap tercium di kawasan sekitar penguburan ikan paus sperma di Ujong Kareung, Aceh Besar, Jumat, 17 November 2017 sore. Bau itu disebutkan telah muncul sejak dua hari pasca penguburan mamalia terbesar ini.

"Baunya menyebar jauh sampai ke mana-mana," kata Abdussalam, warga Gampong Durung, Aceh Besar, menjawab portalsatu.com.

Hal ini diakui Kasubbag TU BKSDA Aceh, Andoko Hidayat. Dihubungi portalsatu.com, Andoko mengatakan pihaknya telah menimbun ulang dan membakar api di atas kuburan paus tersebut.

"Kita selama ini terus memonitor lokasi penguburan paus tersebut, hari ini kita mulai menimbun lagi sejak pukul setengah 4 sore tadi, kita telah taburkan pupuk urea satu karung, ditimbun lagi kemudian dibakar, tepat di atas sumburan gas paus," kata Andoko.

Dia mengatakan BKSDA langsung melakukan evakuasi usai mendapat informasi munculnya bau di perkuburan paus. Menurut Andoko, bangkai paus meledak sejak Selasa lalu. 

"Kemarin itu rencana mau dilakukan nekropsi, tetapi tidak jadi lantaran harus ada penundaan. Namun sampelnya ada diambil oleh dokter Unsyiah," kata Andoko lagi.

Dia mengatakan bangkai paus meledak dan mengeluarkan bau tidak sedap karena dikubur dalam satu liang. "Ada dua bangkai (paus) dalam satu liang, makanya meledak. Yang lain ditanam satu ekor tidak ada persoalan," kata Andoko.

Seperti diketahui, empat ekor paus mati usai terdampar di kawasan pantai Ujong Kareung, Aceh Besar, Senin, 13 November 2017 lalu. Sementara enam paus lainnya yang sempat terdampar di kawasan pesisir pantai Aceh Besar ini berhasil ditarik kembali ke laut. Evakuasi kawanan paus ini melibatkan tim gabungan dari Karantina Ikan Aceh, BKSDA, TNI AL, BP2A Malahayati, polisi, SAR dan relawan peduli lingkungan. Paus-paus tersebut dievakuasi dengan cara ditarik pakai tali menggunakan kapal-kapal nelayan di lokasi tersebut.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.