24 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Bawaslu Minta KPU Ungkap Pelaku Pencoblosan Surat Suara Untuk 01 di Malaysia

...

  • VIVA
  • 11 April 2019 16:35 WIB

Relawan menemukan surat suara capres 01 sudah dicoblos di Kuala Lumpur, Malaysia. Foto: istimewa
Relawan menemukan surat suara capres 01 sudah dicoblos di Kuala Lumpur, Malaysia. Foto: istimewa

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu meminta Komisi Pemilihan Umum mengungkap, siapa pelaku utama dari pencoblosan surat suara untuk capres nomor urut 01, Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin di Selangor, Malaysia, Kamis, 11 April 2019.

Anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar, memastikan bahwa benar ada video yang beredar, terkait penemuan surat yang tercoblos untuk capres 01, Jokowi-Ma'ruf Amin. Penemunya adalah petugas Panwaslu Indonesia yang ada di Negara Malaysia.

Oleh karena itu, dia meminta, agar KPU menghentikan sementara proses pemungutan suara di seluruh Malaysia. KPU harus segera memberi penjelasan terkait hali ini. Juga, bagaimana tata cara prosedur yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) yang benar.

"Kemudian yang kedua, sampai siapa pihak yang ada di belakang ini dapat diungkap jelas. Ini adalah sebuah kegiatan yang sangat terstruktur, sistematis, masif," katanya.

Surat suara yang telah dicoblos ini, juga ditemukan sejumlah relawan pemenangan capres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Kasus ini telah dilaporkan kepada Kepolisian setempat. Petugas sudah melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian.

Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari yang dihubungi VIVA, belum bersedia berkomentar banyak terkait penemuan surat suara yang telah tercoblos ini. Juga tindak lanjut yang akan diambil, terkait dengan permasalahan ini.

Dia memastikan, KPU saat ini sedang melakukan klarifikasi mengenai ini. "Kami sedang klarifikasi," katanya.[]Sumber: viva.co.id

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.