17 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Begini Cara Pemko Banda Aceh Atasi Sampah Plastik

...

  • M FAJARLI IQBAL
  • 23 February 2016 23:45 WIB

Walikota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal membersihkan sampah bersama anggota TNI dan puluhan komunitas. @Humas Pemko Banda Aceh
Walikota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal membersihkan sampah bersama anggota TNI dan puluhan komunitas. @Humas Pemko Banda Aceh

BANDA ACEH - Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota melakukan inovasi baru dalam mengolah sampah plastik. Caranya dengan membeli sampah plastik dari masyarakat kemudian mengolahnya menjadi biji plastik dan dijual kembali dengan harga yang lebih mahal.

Kepala Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh, Jalaluddin, S.T., M.T., saat dihubungi   portalsatu.com via seluler, Selasa, 23 Februari 2016, mengatakan, proyek tersebut sudah berlangsung sejak 2015.

"Ya, kita membeli sampah plastik dari masyarakat untuk diolah menjadi biji plastik dan kemudian dijual kembali ke Medan dengan harga sedikit lebih mahal," ujarnya.

Ia mengatakan, proyek tersebut tidak semata mencari keuntungan, namun lebih kepada mengedukasi masyarakat bahwa sampah plastik dapat diolah kembali dan membawa keuntungan.

"Kita ingin masyarakat paham akan hal ini. Oleh sebab itu, kita turut mendorong pengusaha untuk memiliki mesin pengolah plastik ini," kata Jalaluddin.

Ia berharap dengan berjalannya proyek ini, Banda Aceh dapat terbebas dari sampah plastik.  "Kita berharap dengan proyek ini Banda Aceh dapat lebih bersih dan indah," katanya.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.