27 April 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Begini Cara RUMAN Aceh Kampanyekan Kesehatan pada Anak Didik

...

  • PORTALSATU
  • 25 February 2017 14:40 WIB

Pemeriksaan berat badan murid PAUD RUMAN @ist
Pemeriksaan berat badan murid PAUD RUMAN @ist

BANDA ACEH – Bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Jaya Baru, Sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Lembaga Pendidikan Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh mengadakan kampanye kesehatan di sekolah mereka di Gampông Punge Blang Cut, Banda Aceh, Jumat, 24 Februari 2017.

Kampanye kesehatan tersebut dimulai dengan penyuluhan cara merawat mulut dan gigi. Kepada anak-anak diperlihatkan bentuk semua gigi manusia yang terdapat dalam mulut, lalu diajarkan pula cara menyikat gigi yang benar. 

Beberapa murid juga diminta tampil ke depan untuk mempraktikkannya. Setelah itu, diteteskan vitamin A ke dalam mulut setiap murid secara bergantian.

Salah satu anggota tim Puskesmas Jaya Baru, Siti mengatakan, bulan Februari tahun 2017 ini merupakan bulan kampanye secara nasional pemberian vitamin A buat anak-anak dengan usia 1 hingga 5 tahun.

“Vitamin A sangat bermanfaat bagi pertumbuhan fisik anak-anak. Selain membantu pembentukan pigmen pada mata, juga untuk memperkuat tulang, menjaga kesehatan gigi dan gusi serta kulit,” tutur Siti.

Selanjutnya, dilakukan pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan setiap murid. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi ril tingkat pertumbuhan fisik mereka. Di samping berfungsi untuk melacak secara dini potensi kekurangan gizi.

Kepala Sekolah PAUD RUMAN, Riski Sopya mengucapkan terima kasihnya kepada pihak Puskesmas Jaya Baru atas perhatian mereka kepada aspek kesehatan dan pertumbuhan fisik anak muridnya.

“Terima kasih kepada Puskesmas Jaya Baru untuk atensinya kepada anak-anak murid kami. Meski sekolah ini dikhususkan bagi kalangan dhuafa, bukan berarti kita melakukannya secara serampangan. Kualitas kurikulum dan excellent service (pelayanan prima) tetap menjadi yang terdepan,” ujar Riski.

Pendiri RUMAN ini turut menjelaskan, di tahun kedua berjalannya, Sekolah PAUD RUMAN memiliki 55 murid dari seputaran Kota Banda Aceh. Di antara mereka, 43 orang masuk dan belajar secara gratis sejak awal hingga tamat nantinya. Sedangkan sisanya berbayar.

"Hasil survey langsung tim RUMAN menjadi penentu diterima tidaknya seorang calon murid. Dana operasional Sekolah PAUD RUMAN berasal dari donasi sahabat-sahabat sosial media yang tidak mengikat," katanya melalui siaran pers, Sabtu, 24 Februari 2017.

Belum lama ini Sekolah PAUD RUMAN menerima donasi 55 tas dari salah satu yayasan di Jakarta. Sedangkan Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Al Azhar Banda Aceh menjadi donatur tetap untuk PAUD RUMAN melalui program sosial mereka.[]

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.