21 June 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Begini Cara Satlantas Aceh Barat Mengantisipasi Laka Lantas dan Kemacetan

...

  • PORTALSATU
  • 13 June 2018 21:30 WIB

@Rino Abonita
@Rino Abonita

ACEH BARAT – Tim Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Aceh Barat melakukan pengamanan untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas dan kemacetan menjelang lebaran.

Kapolres Aceh Barat, AKBP R. Bobby Aria Prakasa, S.I.K., melalui Kasat Lantas, AKP Widya Rachmat Jayadi, S.I.K., mengatakan, saat ini personelnya rutin patroli dan telah mendirikan pos untuk pengamanan jalur lintas Meulaboh-Banda Aceh di Gampong (Desa) Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan.

"Di pos pengamanan Suak Raya kita mendirikan papan imbauan kepada para pengguna jalan, seperti papan bertuliskan ‘hati-hati, patuhi ketetapan lalu lintas’. Juga di titik black spot yang rawan kecelakaan termasuk di ruas jalan Kecamatan Samatiga dan Arongan Lambalek, kita pasang papan imbauan mengenai batas kecepatan kendaraan baik roda empat dan dua," ujar Rahcmat kepada portalsatu.com, Rabu, 13 Juni 2018, sore.

Polisi juga sudah mendirikan pos pelayanan di gardu lalu lintas yang dipusatkan di Jalan Nasional Meulaboh untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas akibat membludaknya pengunjung yang datang ke pusat-pusat perbelanjaan di wilayah itu.

"Sejak H-6 lalu lintas di seputaran kota Meulaboh padat dari pagi, siang, sore, hingga malam hari. Pusat-pusat pertokoan ramai pengunjung. Seperti pasar tumpah," sebutnya.

Menurut dia, kesadaran masyarakat maupun pengguna jalan masih sangat minim. Di jalan nasional, masih banyak yang memarkirkan kendaraan sembarangan sehingga memperparah kemacetan. Sementara itu, pelintas di jalur Meulaboh-Banda Aceh masih banyak yang tidak mau mengurangi batas kecepatan kendaraannya sehingga menambah potensi kecelakaan lalu lintas.

"Karenanya kita selalu mengimbau agar masyarakat tidak memarkirkan kendaraannya sembarangan. Dan untuk jalur lintas terutama di jalur lintas Barat Selatan agar mengurangi batas kecepatannya sesuai ketetapan," tegasnya.[]

Penulis: Rino Abonita

Editor: portalsatu.com


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.