24 June 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Begini Prosesi Adat Munik Ni Reje di Aceh Tengah

...

  • PORTALSATU
  • 02 January 2018 12:50 WIB

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, dan Wakil Bupati, Firdaus dikukuhkan sebagai Pemangku Adat Gayo Kabupaten Aceh Tengah. @Humas Setda Aceh Tengah
Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, dan Wakil Bupati, Firdaus dikukuhkan sebagai Pemangku Adat Gayo Kabupaten Aceh Tengah. @Humas Setda Aceh Tengah

TAKENGON - Ribuan warga Takengon memadati Pendopo Bupati Aceh Tengah untuk menyaksikan proses adat Munik Ni Reje (Mengangkat Raja), Selasa, 2 Januari 2018. 

Dalam proses adat tersebut, Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar dan Wakil Bupati Firdaus dikukuhkan sebagai Pemangku Adat Gayo Kabupaten Aceh Tengah. 

Proses adat Munik Ni Reje dimulai pukul 10.00 WIB. Shabela dan Firdaus dijemput dari rumah kediaman menuju Bale Samsu (Pendopo). Rombongan diiringi ketukan canang bersahutan. 

Setibanya di pintu gerbang Bale Samsu, pada kedua pemimpin baru Aceh Tengah itu disematkan Upuh Ulen-Ulen serta dipandu untuk menerima persembahan Tari Sining. 

Lalu, bupati, wakil bupati, beserta istri diarahkan menuju "ampang" di atas panggung yang telah disiapkan untuk menerima tepung tawar serta sulang lemak lungi dari orang tua (ibu) masing-masing. 

Proses yang paling ditunggu adalah saat Bawar (Senjata Adat Gayo sejenis keris) disematkan oleh Ketua Majelis Adat Gayo, M. Jusin Shales yang disambut teriakan “Allahu Akbar”, dari masyarakat yang menyaksikan detik-detik sakral tersebut. 

Usai penyematan Bawar, Shabela mengucap janji di hadapan seluruh masyarakat yang hadir. Proses akhir, penyerahan kunci diikuti dengan mempersilakan kedua Pemangku Adat Gayo tersebut memasuki Bale Samsu.[] (rel

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.