22 July 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Belajar Bencana melalui ‘Ular Tangga’

...

  • PORTALSATU
  • 13 May 2018 10:00 WIB

Pantai Alue Naga, Banda Aceh. @steemit.com/@jumaidafajar
Pantai Alue Naga, Banda Aceh. @steemit.com/@jumaidafajar

BANDA ACEH - Empat belas tahun tsunami berlalu dan menjadi bagian besar sejarah Aceh. Agam Inong Banda Aceh berkolaborasi dengan Dokter Muda Fakultas Kedokteran Unsyiah kembali membangkitkan ingatan anak-anak masyarakat gampong Deah Raya tentang bencana besar yang pernah menyapu habis saudara-saudara mereka di tahun 2004 melalui program mitigasi bencana.

Ketua panitia, Vira Farhati, mengatakan, kegiatan dengan judul Health Project: Disaster Management bertujuan memotivasi anak-anak untuk mengenal bencana semenjak dini, serta membangun mental kewaspadaan yang tinggi terhadap bencana yang dapat kapan saja terjadi.

"Health Project: Disaster Management merupakan kegiatan edukasi kebencanaan melalui media game ‘ular tangga’ yang berisi materi dasar pencegahan hingga penanganan bencana alam yang berpotensi terjadi di tanah Aceh tercinta. Kegiatan diawali dengan pemberian materi tentang kebencanaan dan kesiapsiagaan yang dapat dilakukan oleh anak-anak untuk menyelamatkan diri mereka. Total 60 anak-anak berusia 5 hingga 10 tahun terlibat dalam permainan interaktif ini," katanya.

Vira Farhati mengatakan, selama kurang lebih 30 menit untuk tiap ronde permainan ular tangga ini. Pion berkesempatan menaiki tangga dan maju beberapa langkah ketika berada di lingkungan yang kondusif serta siap siaga menghadapi bencana, namun mereka akan turun beberapa kotak melalui ular ketika mereka berada di kotak yang mengkondisikan mereka melakukan perusakan alam dan meningkatkan risiko bencana.

"Permainan ini di-design untuk anak-anak agar lebih mengerti dan bersemangat untuk mendengarkan dan belajar mengenai kebencanaan. Permainan tesebut juga telah dihibahkan kepada pengurus Desa agar dapat tetap digunakan sebagai perantara pengenalan kebencanaan untuk anak-anak sejak dini. Diharapkan melalui game interaktif ini, pemahaman terkait kebencanaan dan motivasi kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana semakin terpatri dalam ingatan mereka," kata Vira Farhati, di Deah Raya, sebuah pemukiman di pinggir pantai Alue Nnaga, Banda Aceh.[](Rel)

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.