12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


BEM FH Unimal Kawal Penggunaan Dana Penanganan Covid-19

...

  • portalsatu.com
  • 06 April 2020 08:30 WIB

BEM FH Unimal [Foto: IST]
BEM FH Unimal [Foto: IST]

Pengawalan dana penanganan dampak Covid-19 harus dilaukan semua pihak, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Humum (BEM FH) Universitas Malikussalah ikut ambil bagian.

LHOKSEUMAWE – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara dan Pemerintah Kota Lhokseumawe telah mengalokasikan anggaran untuk penanganan dampak dari Coronavirus Disease-2019 (Covid-19). Kabupaten Aceh Utara mengalokasikan Rp8,7 miliar dari anggaran untuk perjalanan dinas. Sementara Pemko Lhokseumawe mengalokasikan Rp1 miliar dari dana untuk korban bencana di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lhokseumawe, dan dana Bimtek dan reses anggota DPRK Lhokseumawe yang jumlahnya belum disebutkan.

BEM FH Unimal menyatakana akan ikut mengawal penggunaan dana tersebut. Hal itu disampaikan Ketua BEM FH Unimal, Muhammad Fadli, Minggu, 5 April 2020. “Kami akan mengawal terkait dana bantuan untuk penanggulangan Covid-19 ini, jangan sampai nanti ada oknum yang mencoba melakukan penyelewengan,” tegasnya.

Muhammad Fadli mengingatkan pemerintah dan instansi terkait untuk menggunakan dana tersebut dengan benar, untuk memenuhi hajat hidup masyarakat banyak, terutama untuk masyarakat menengah ke bawah.

“Jangan coba diselewengkan, karena pasal 2 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi menyebutkan bahwa setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana penjara dengan penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4  tahun dan paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit Rp200 juta dan paling banyak Rp1 miliar,” jelasnya.

Muhammad Fadil berharap eksekutif dan legislatif, baik di Aceh Utara maupun Lhokseumawe membangun kepercayaa publik (public trust) dengan cara mengalokasian dana penanganan Covid-19 secara benar dan tepat sasaran. “Kami akan terus mengawal ini semua,” pungkas Muhammad Fadli. [rilis]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.