11 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Beredar Isu Pengumpulan Fotokopi untuk Kompensasi, Bintang: Jangan Mendahului Pemerintah

...

  • SUDIRMAN
  • 22 June 2020 21:55 WIB

Wali Kota Subulussalam, Affan Alfian Bintang. Foto: dok. portalsatu
Wali Kota Subulussalam, Affan Alfian Bintang. Foto: dok. portalsatu

SUBULUSSALAM - Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, S.E., mengatakan pemerintah akan memfasilitasi masyarakat Longkib dan pihak perusahaan PMKS PT BDA terkait ratusan ribu ikan mabuk dan mati massal di Sungai Longkib menyebabkan masyarakat kehilangan mata pencaharian.

Bintang meminta masyarakat bersabar menunggu hasil uji laboratorium forensik  untuk memastikan penyebab ikan mati di Sungai Longkib. Sampel air sungai yang diduga tercemar dan ikan mati telah dibawa tim penyelidik Polres Subulussalam ke Medan untuk periksaan laboratorium.

Maka, Bintang mengingatkan jangan ada pihak - pihak yang mendahului pemerintah terkait penyelesaian kasus ikan mati Sungai Longkib. Pemerintah Kota Subulussalam bersama Polres saat ini sedang menunggu hasil pemeriksaan laboratorium untuk menentukan langkah penanganan berikutnya.

Pernyataan ini disampaikan Affan Alfian Bintang di sela-sela meninjau lokasi kolam limbah PMKS PT BDA di Longkib menanggapi isu pengumpulan foto copy KTP masyarakat di sejumlah desa terkait pembayaran kompensasi kasus ikan mati massal di Sungai Longkib.

Wali Kota Affan Alfian Bintang telah mengintruksikan kepada Camat Longkib Makmur, untuk terus melaporkan perkembangan yang terjadi di lapangan dan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Subulussalam.

"Pihak pemerintah belum ada mengintruksikan pengumpulan foto copy KTP melalui kelompok mana pun," ungkap Wali Kota Affan Alfian Bintang.

Sementara Camat Longkib Makmur mengakui ada mendapat informasi terkait mengumpulkan foto copy KTP masyarakat. Namum menurutnya sah-sah saja jika kepala desa mendata masyarakatnya, sehingga waktu dibutuhkan suatu saat menjadi lebih mudah.

"Sejauh ini kita belum dapat laporan resmi terkait pengumpulan foto copy KTP. Tapi ada saya dengar bawah ada pengumpulan foto copy KTP, tapi itu bukan suatu hal yang menentukan arah kebijakan," ungkap Makmur 

Makmur juga mengaku tidak mengakui siapa inisiator utama meminta masyarakat mengumpulkan foto copy KTP, pasalnya dari pemerintah sendiri belum melakukan pendataan terhadap masyarakat. Hal ini dikarenakan pemerintah  bersama Polres Subulussalam sedang menunggu hasil uji laboratorium forensik untuk mengetahui penyebab matinya ikan di sungai Longkib.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.