21 April 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


BKIPM Aceh Lepas 471 Lobster Bertelur dari Hasil Sitaan

...

  • MHD SAIFULLAH
  • 12 January 2018 19:15 WIB

BKIPM Aceh dan PSDKP Lampulo melepaskan ke habitatnya 471 ekor lobster bertelur sitaan yang sebelumnya rencana dikirim ke luar Aceh oleh penyeludup, Rabu, 10 Januari 2018, lalu. @MHD SAIFULLAH
BKIPM Aceh dan PSDKP Lampulo melepaskan ke habitatnya 471 ekor lobster bertelur sitaan yang sebelumnya rencana dikirim ke luar Aceh oleh penyeludup, Rabu, 10 Januari 2018, lalu. @MHD SAIFULLAH

BANDA ACEH - Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Aceh beserta Pangkalan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Lampulo, berhasil menggagalkan penyelundupan 471 ekor Lobster bertelur yang akan dikirim ke luar Aceh, Rabu, 10 Januari 2018, lalu.

Kepala BKIPM Aceh, M Darwin Syah Putra melalui siaran pers, mengatakan, ratusan ekor lobster disita saat operasi bersama dalam penegakan Peraturan Kementerian Kelautan dan Perikanan Nomor 56 Tahun 2016 terkait pelarangan penangkapan lobster.

“Operasi ini dilakukan terhadap 5 penampung komoditas hasil perikanan di wilayah kota Banda Aceh,” kata Kasi Pengawasan Pengendalian dan Informasi (Wasdalin), Hudaibiya Al Faruqie, saat dikonfirmasi, Jumat, 10 Januari 2018.

Pada operasi tersebut, hasil temuan di lapangan dikatakannya, banyak penampung menerima lobster bertelur dan membersihkan telurnya untuk dikirim.

“Hal itu untuk mengelabui petugas, setelah dilakukan pengembangan, lobster yang tidak sesuai ditampung di keramba,” ungkapnya.

Lobster bertelur yang berhasil mereka sita kemudian dilepasliarkan kembali di kawasan perairan Ulee Lheue, Banda Aceh, pada Rabu lalu.

Selain itu, BKIPM Aceh juga mengeluarkan himbauan kepada masyarakat dan pelaku usaha untuk tidak menangkap komoditas yang tidak sesuai aturan atau Peraturan Kementerian Kelautan dan Perikanan Nomor 56 Tahun 2016 terkait pelarangan penangkapan lobster.

“Karena dalam aturan menyatakan pelarangan tangkap,” ujarnya.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.