21 July 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia

Satu Buronan Jaringan Internasional Ditangkap
BNN Gagalkan Penyelundupan 20 Kg Sabu ke Aceh

...

  • MHD SAIFULLAH
  • 12 February 2018 14:30 WIB

@PORTALSATU.COM/Mhd Saiful
@PORTALSATU.COM/Mhd Saiful

BANDA ACEH -- Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat, berhasil mengamankan 20 kg sabu beserta tiga orang tersangka, di Gampong Kuala Keureuto, Kecamatan Lapang, Aceh Utara, Sabtu, 10 Februari 2018, sekira pukul 10:30 WIB.

Kepala BNN Provinsi Aceh, Brigjen Pol Faisal Abdul Naser, mengungkapkan, penangkapan ketiga tersangka atas adanya informasi dan kerja sama JSJN PDMR, Malaysia, dengan BNN Pusat.

“Bahwa akan ada penyelundupan narkotika yang dilakukan oleh jaringan internasional melalui jalur laut,” kata Faisal saat konferensi pers di Kantor BNNP Aceh, Senin, 12 Februari 2018.

Faisal mengungkapkan, setelah dilakukan penyelidikan ternyata upaya penyelundupan narkotika ini melibatkan satu orang yang masuk daftar pencarian orang (DPO) berinsial I alias Dek Bat, dalam kasus 40 kg yang ditangkap oleh BNN pada 10 Januari 2018 lalu.

“Dalam masa pelarian (buron), ternyata I alias Dek Bat masih juga berusaha mendatangkan sabu sebanyak 20 kg,” ujarnya.

Dia menjelaskan, narkotika itu rencananya akan diselundupkan dari Penang, Malaysia melalui jalur laut menggunakan perahu motor ke wilayah perairan Aceh Utara.

Selanjutnya tim melakukan penyelidikan. Lalu, Sabtu, tim gabungan dari BNN Pusat, BNNP Aceh, BNNK Langsa, dan Bea Cukai Aceh melakukan penangkapan terhadap seorang tersangka berinsil E di rumahnya.

Petugas kemudian melakukan penggeledahan di rumah tersebut dan didapatkan sabu sebanyak 20 bungkus dalam plastik teh Cina yang tersimpan di dua buah tas dan disembunyikan di perkarangan rumah E.

BNNP Aceh kembali melakukan pengembangan dengan petugas Polda Aceh dan Polresta Banda Aceh, yang kemudian berhasil melakukan penangkapan terhadap satu orang tersangka lainya dan juga masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) BNN berinsial I alias Dek Bat berserta SSK, di Gampong Lamtutui, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

“SSK yang sementara ini diduga terlibat dalam melindungi I alias Dek Bat selama menjadi buronan BNN. Hingga saat ini tim masih melakukan pengejaran terhadap tersangka lainnya,” jelas Faisal.

Barang bukti yang berhasil disita dari penangkapan, di antaranya 20 bungkus atau seberat lebih kurang 20 kg sabu, 1 unit mobil Avanza warna silver, 4 unit Hp, dan 3 buah KTP.

Faisal menyampaikan, hasil penangkapan dan pengungkapan peredaran gelap narkotika jenis sabu, jumlah korban yang berhasil diselamatkan sebanyak 140.000 orang.

Adapun ketiga tersangka, yakni I alias Dek Bat, 30 tahun, warga Nurussalam, Aceh Timur, E, 35 tahun, warga Kecamatan Lapang, Aceh Utara, dan SSK, 46 tahun, warga Kecamatan Jangka, Bireuen.

Terhadap kedua tersangka, E dan SSK, dikenakan pasa 114 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1), pasal 113 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1), pasal 112 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Narkotika No 35 tahun 2009.

“Sedangkan satu tersangka lainnya dikenakan pasal yang berbeda,” ujar Faisal. “Untuk proses penyelidikan selanjutnya terhadap ketiga pelaku akan menjalani proses penyelidikan di BNN Pusat,” katanya.[]

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.