16 October 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


BNN Tangkap Pengedar Sabu Sindikat Aceh-Jakarta, Ini Barang Buktinya

...

  • Fazil
  • 27 September 2018 22:30 WIB

Tim Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh bersama barang bukti dan tersangka. @fazil/portalsatu.com
Tim Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh bersama barang bukti dan tersangka. @fazil/portalsatu.com

BANDA ACEH - Tim Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, berhasil menangkap dua tersangka diduga pengedar narkoba jenis sabu di dua lokasi berbeda. Keduanya berinisial NAG (30) warga Gampong Bukit Pala, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur, dan AM (27) warga Kecamatan Geuleumpang Dua, Bireuen.

Tersangka NAG ditangkap saat sedang mengendarai sepeda motor dengan membawa barang bukti narkotika jenis sabu 6 kg, pelaku ditangkap oleh tim di Simpang Kapal, Kabupaten Aceh Tamiang, Senin, 24 September 2018 lalu.

Kepala BNNP Aceh, Brigjen Pol. Faisal Abdul Naser, M.H, mengatakan, saat dilakukan penangkapan terhadap tersangka, sebelumnya tim gabungan dari BNN RI, BNNP Aceh dan BNNK Aceh Tamiang, mendapat informasi dari masyarakat bahwa tersangka (NAG) mendapat suruhan dari temannya berinisial IF sebagai pemilik barang (DPO) untuk mengambil barang tersebut dan diantarkan kepada F sebagai pembeli (DPO).

“Setelah mendapatkan informasi tersebut, sehingga kita menelusuri dan mendatangi ke lokasi dan langsung melakukan penggeladaha terhadap tersangka, saat itu kita menemukan barang bukti berupa sabu sebanyak 6 kg yang dibalut dengan lakban kuning dengan merk bungkusan guanyiwang teh cina,” kata Faisal, kepada para wartawan, di Kantor BNNP Aceh, Banda Aceh, Kamis, 27 September 2018.

Selain itu, lanjut Faisal, pihaknya juga mengamankan satu unit sepeda motor Yamaha Aerox bernopol BL 5012 KAH, dan tiga unit handphone. “Sampai saat ini kita masih mengejar para tersangka lainnya yang sudah terdaftar Dalam Pencarian Orang (DPO), sedang tersangka beserta barang bukti sudah diamankan di kantor BNNP Aceh untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut,” ungkap Faisal Naser.

Sedangkan tersangka AM, Faisal menjelaskan, dia berperan sebagai pengendali peredaran narkoba jenis sabu dari Aceh ke Jakarta. Dia ditangkap oleh tim di kawasan Ulee Kareng, Banda Aceh, Rabu, 26 September 2018. Ini merupakan hasil pengembangan dari kasus lain yaitu penyelundupan nakoba jenis sabu 3 kg di Jakarta, tersangka AM ditangkap saat keberadaannya di Aceh yang diduga sebagai pengendali.

“Karena sebelumnya BNN Pusat telah menangkap tersangka dengan nama sapaannya Pakwa di Jakarta, dan mengemankan barang bukti berupa 3 kg sabu. Maka dari itu tim terus melakukan pengembangan sehingga muncul salah seorang nama tersangka AM selaku pengendali pengiriman paket sabu itu dari Aceh ke Jakarta,” ungkap Faisal.

Dari tangan tersangka, Faisal menambahkan, pihaknya turut mengamankan barang bukti satu unit mobil merk honda Civic Hatchback bernopol BK 1217 EV. “Tersangka juga sudah  ditahan di kantor BNNP Aceh, mobil itu diduga digunakan oleh tersangka ketika dilakukan pengendalian pengiriman barang haram tersebut dari Aceh ke luar daerah,” ujarnya. []

Editor: Arman


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.