21 September 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


BPBD Subulussalam: Dana Bantuan Rumah Korban Kebakaran Tengah Proses di BPKD

...

  • SUDIRMAN
  • 14 September 2020 16:00 WIB

Lokasi Kebakaran di Sigrun, Sultan Daulat. Warga terlihat mulai membangun pondasi rumah seraya menunggu bantuan dari BPBD Kota Subulussalam. @Istimewa
Lokasi Kebakaran di Sigrun, Sultan Daulat. Warga terlihat mulai membangun pondasi rumah seraya menunggu bantuan dari BPBD Kota Subulussalam. @Istimewa

SUBULUSSALAM - Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Subulussalam, Adita mengatakan dana bantuan senilai Rp 16 juta per unit bagi korban kebakaran di Sigrun, Sultan Daulat, telah diajukan ke BPKD untuk proses penarikan.

"Sudah kita ajukan ke BPKD mudah-mudahan cair dalam minggu ini agar bantuan material bantuan darurat tersebut dapat terealisasikan secepatnya," kata Plt Kepala BPBD Kota Subulussalam, Adita kepada portalsatu.com, Senin, 14 September 2020.

Adita menjelaskan, bantuan yang diberikan kepada korban kebakaran senilai Rp 16 juta tersebut tidak dalam bentuk uang tunai, karena itu bantuan darurat yang sifatnya untuk mempercepat pengungsi kembali ke rumah masing-masing. 

Dengan dana sebesar Rp 16 juta itu digunakan untuk membangun rumah Hunian Sementara (Huntara) berkonstruksi papan ukuran 5x6. Namun bagi masyarakat yang sudah memulai pembangunan di luar ukuran 5x6 diperboleh, namun bantuan yang diberikan BPBD Kota Subulussalam bagi korban kebakaran tetap senilai Rp16 juta.

"Jadi bagi mereka yang sudah mulai membangun sesuai ukuran yang ia inginkan tidak masalah. Nanti tinggal kita tukar kuitansi pembelian material barangnya sesuai harga yang sudah kita tetapkan standar bantuan darurat sekitar Rp16 juta," ungkap Adita.

Bantuan itu diberikan kepada 18 warga korban kebakaran di Sigrun yang rumah mereka musnah terbakar. Sedangkan beberapa unit rumah lainnya yang rusak akibat terdampak kebakaran, juga akan diberikan bantuan sesuai kebutuhan material kondisi rumah yang rusak.

"Untuk rumah yang rusak tinggal kita hitung. Jika seng rusak kita ganti seng, papan rusak kita ganti papan," jelas Adita.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.