21 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


BPBK Abdya Ingatkan Warga Waspada Terhadap Bencana

...

  • PORTALSATU
  • 17 November 2018 13:30 WIB

Kepala BPBK Abdya, Amiruddin. Foto: Suprian
Kepala BPBK Abdya, Amiruddin. Foto: Suprian

BLANGPIDIE - Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Barat Daya (Abdya) mengingatkan warga agar tetap waspada terhadap bencana alam jika suatu waktu melanda daerah itu.

“Kami minta masyarakat waspada dan siap-siagaan pada bulan November – Desember. Karena kebisaan pada bulan itu sering terjadi banjir,” kata Kepala BPBK Abdya, Amiruddin, di Blangpidie, Sabtu, 17 November 2018.

Setiap akhir tahun, kata Amir, Abdya selalu dilanda banjir bersamaan angin kencang dan tanah longsor di kebun-kebun masyarakat kawasan pegunungan.

“Kami juga mengharapkan warga waspada malam hari. Kompor gas elpiji dalam rumah harus dijaga dengan baik. Bila selang kompornya sudah mulai rusak segera ganti menghindari kebakaran,” ucapnya.

Warga juga dihimbau tidak membakar sampah sembarangan apalagi berdekatan dengan rumah. Karena api hasil pembakaran sampah tersebut dapat memicu kebakaran dengan cepat. Begitu juga arus listrik pada masing-masing rumah harus diperhatikan sebagai upaya menjaga secara rutin agar tidak korsleting.

Wayer-wayer (kabel) listrik dalam rumah tangga harus diperhatikan secara rutin agar tidak korsleting. Karena bila terjadi hubungan pendek arus listrik, kita khawatirkan rawan kebakaran,” kata Amir.

Amir mengaku telah mempersiapkan berbagai logistik dan menempatkan tim reaksi cepat di pos-pos terdekat sebagai bentuk tindakan penting sebelum terjadinya bencana alam pada akhir tahun.

“Beras, mi instan dan logistik lainnya sudah kita siapkan. Begitu juga dengan tim reaksi cepat. Mereka stand by di kantor BPBK. Bila terjadi bencana alam mereka langsung turun lapangan untuk berupaya menyelamatkan,” tuturnya.

Dia menjelaskan, tim reaksi cepat siaga 24 jam di Kantor BPBK Abdya sebanyak 25 personel ditambah tim penanggulangan bencana di Pos Manggeng dan Pos Kuala Batee masing-masing 20 anggota. “Jadi, seluruhnya 65 personel,” ujar Amiruddin.[](Suprian)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.