17 July 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


BPJS Kesehatan Sosialisasi Aplikasi New E-Dabu

...

  • portalsatu.com
  • 12 April 2018 23:15 WIB

@Istimewa
@Istimewa

BANDA ACEH - BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh menyosialisasi mengenai aplikasi New E-Dabu BPJS Kesehatan kepada badan usaha (BU)/perusahaan yang telah terdaftar ke dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) pada Kamis (12/4/2018) di Banda Aceh.

Aplikasi New E-Dabu adalah aplikasi pendaftaran karyawan dan keluarganya pada badan usaha secara online ke BPJS Kesehatan. Aplikasi ini menyediakan fitur bagi badan usaha untuk melakukan pendaftaran baru karyawan beserta anggota keluarganya, pengurangan karyawan karena tidak bekerja lagi pada Badan Usaha tersebut maupun meninggal dunia, serta dapat melakukan perubahan data peserta.

Sosialisasi ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari berbagai perwakilan disetiap badan usaha yang ada di Banda Aceh. Pada kegiatan tersebut peserta sosialisasi langsung mempraktikan cara penggunaan aplikasi New E-Dabu pada laptop masing-masing peserta yang dipandu oleh Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh.

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, T.M. Afandy, mengatakan, aplikasi New E-Dabu ini dapat di akses dimana saja yang terdapat jaringan internet.

“Di era digital ini yang semakin praktis yaitu dimana saja sudah didukung dengan jaringan internet, BPJS Kesehatan terus memberikan kemudahan kepada peserta termasuk salah satunya penyediaan aplikasi New E-Dabu kepada Badan Usaha, khususnya Badan Usaha dapat melakukan mutasi data karyawannya tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan,” kata Pak TM begitu ia disapa.

Ia juga mengharapkan para perwakilan disetiap badan usaha yang hadir pada sosialisasi ini dapat paham dan mengerti cara menggunakan aplikasi New E-Dabu yang banyak memberikan kemudahan sesuai dengan kebutuhan.

Nadia, perwakilan dari salah satu badan usaha di Banda Aceh mengungkapkan antusiasnya dengan adanya aplikasi ini adalah tidak perlu lagi ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendaftarkan karyawan baru ditempatnya bekerja.

“Saya sangat senang dengan adanya aplikasi ini karena saya tidak perlu lagi bolak balik ke kantor BPJS Kesehatan jika ada penambahan dan pengurangan karyawan, dan perubahan data peserta karena disaat saya bekerja di kantor saya bisa sambilan mengakses aplikasi New E-Dabu sehingga waktu dalam bekerja menjadi efektif dan efisien,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut selain mensosialisasikan aplikasi New-Edabu, BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh juga mengajak kepada seluruh perwakilan badan usaha yang hadir untuk mendownload aplikasi mobile JKN di handphonenya. Pada aplikasi mobile JKN terdapat menu untuk mengecek status kepesertaan, perubahan data peserta, termasuk dapat merubah fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti puskesmas, klinik dan dokter praktik perorangan, sehingga peserta tidak perlu mendatangi Kantor BPJS Kesehatan.[] (Rilis)

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.