30 March 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


BPN Aceh Belum Batalkan 65 Sertifikat Tanah di Hutan Lindung

...

  • portalsatu.com
  • 14 February 2020 16:30 WIB

Surat permohonan pembatalan sertifikat hutan lindung Genting [Foto: Win Porang]
Surat permohonan pembatalan sertifikat hutan lindung Genting [Foto: Win Porang]

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Aceh hingga kini belum membatalkan 65 sertifikat tanah di hutan lindung Genting, Kabupaten Gayo Lues, sementara para tersangka sudah dibebaskan.

BLANGKEJEREN -- Sertifikat tanah hutan lindung di daerah Genting desa Gajah Kabupaten Gayo Lues masih belum dibatalkan pihak berwenang. Kasus itu mencuat tahun 2018 silam, sementara orang-orang yang pernah ditetapkan sebagai tersangka sudah bebas.

Kapolres Gayo Lues AKBP Rudi Setiawan melalui Kasat Reskrim Iptu Abdulah, Jumat, 14 Februari 2020 mengatakan, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gayo Lues sudah menyurati BPN Provinsi Aceh agar membatalkan 65 bidang sertifikat, yang dibuat pada kegiatan Prona tahun 2016 sebanyak 40 bidang dan Lintor Pertanian tahun 2016 sebanyak 25 bidang.

"Surat permohonan pembatalannya sudah dikirim oleh BPN ke Provinsi, dan sudah ditembuskan ke kami juga, ini surat permohonan permintaan pembatalannya," katanya sembari mengirimkan surat permohonan itu kepada wartawan.

Sementara Kepala BPN Gayo Lues yang baru Dannie Gunawan mengatakan, surat pembatalan sertifikat hutan lindung yang pernah dikeluarkan oleh BPN itu masih belum keluar hingga sekarang, surat pembatalannya masih dalam proses di BPN Aceh.

"Belum keluar surat pembatalannya, masih ada yang harus kami penuhi untuk memenuhi syarat pembatalannya, ini lagi kami siapkan. Dan mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah keluar surat pembatalannya," katanya.

Pada tahun 2018 yang lalu, pihak Kepolisian Polres Kabupaten Gayo Lues menetapkan beberapa orang tersangka yang terlibat dalam pembuatan sertifikat hutan lindung itu, tak lama kemudian, para tersangka dikeluarkan dari Sel Polres Gayo Lues dengan catatan Sertifikat itu harus dibatalkan oleh BPN, namun hingga hari ini, surat pembatan sertifikat itu masih belum keluar.[Win Porang]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.