25 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Bulog Aceh Mulai Salurkan 24 Ton Beras Bansos Rastra

...

  • MHD SAIFULLAH
  • 20 January 2018 17:30 WIB

ilustrasi
ilustrasi

BANDA ACEH -- Pemerintah Aceh menerima alokasi bantuan sosial berupa beras sejahtera (Bansos Rastra) sebanyak 24,4 ribu ton untuk tahun 2018. Beras tersebut rencannya akan diberikan kepada 379.633 keluarga di Aceh.

“Kita sudah diminta untuk menyalurkan dan posisinya sekarang kami sedang berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Pemda,” kata Kepala Divisi Regional (Kadivre) Bulog Aceh Basirun, saat dikonfirmasi melalui via telepon, Sabtu, 20 Januari 2018.

Dia mengatakan, saat ini Bulog Aceh sudah mulai melakukan pendistribusian Bansos Rastra ke seluruh daerah di Aceh untuk bulan Januari. “Hari ini sudah mulai penyaluran,” ungkapnya.

Meskipun demikian, pola penyaluran Bansos Rastra saat ini sudah mulai berbeda. Jika sebelumnya Surat Perintah Alokasi (SPA) dilakukan melalui kabupaten, namun kini langsung disalurkan lewat Dinas Sosial setempat.

“Sekarang kan polanya itu, SPA sudah dari Kemensos langsung. Kalau dulu kan dari kabupaten, tetapi sekarang tidak, sudah dari Kemensos minta untuk segera disalurkan, paling tidak tanggal 25 itu sudah ada penyaluran setiap bulannya,” jelasnya.

Untuk penyaluran Bansos Rastra tahun ini, Bulog Aceh hanya mendistribusikan selama bulan Januari, selebihnya bantuan 10 kg beras itu langsung disalurkan oleh Dinas Sosial. Khusus untuk Kota Banda Aceh, Bansos yang diberikan berupa Bantuan Pangan Nontunai (BPNT).

“Kalau bantuan per keluarga kan sekarang itu masyarakat menerima secara gratis, jumlahnya 10 kg. Tetapi dia itu hanya untuk bulan Januari, karena nanti dia bulan Februari bukan lagi Bansos tetapi dia BPNT.  Kalau BPNT dia langsung diserahkan Dinas Sosial,” jelasnya.

"Kalau tahun 2017 itu kan satu tahunnya sama, tetapi ini Januari setiap kabupaten kota terima. Nanti di Februari, Kota Banda Aceh itu berupa BPNT. Dibagikan uang dalam bentuk kartu, yang lainnya tetap masih Bansos dan mungkin nanti akan ada perubahannya lagi sesuai yang ditentukan. Jadi tidak sama lagi nanti setiap bulannya. Tetapi untuk harga beras miskinnya sama setiap bulannya."[]

Editor: IHAN NURDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.