07 December 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Bupati Simeulue akan Perbupkan APBK 2020?

...

  • PORTALSATU
  • 02 December 2019 22:40 WIB

Bupati Simeulue Erly Hasyim. Foto istimewa
Bupati Simeulue Erly Hasyim. Foto istimewa

SIMEULUE - Bupati Simeulue, Erly Hasyim, mengisyaratkan akan memperbupkan APBK tahun 2020. Pasalnya, sampai sekarang DPRK Simeulue belum membahas Rancangan APBK (RAPBK) 2020 meskipun sudah melewati batas waktu jadwal dan tahapan yang diatur dalam Permendagri.

Untuk diketahui, sesuai ketentuan diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020, Kepala Daerah dan DPRD harus menyetujui bersama Rancangan Peraturan Daerah/Perda (Aceh: Qanun) tentang APBD 2020 paling lambat 30 November 2019, atau satu bulan sebelum dimulainya Tahun Anggaran 2020. (BacaIni Tahapan dan Jadwal Penyusunan APBD 2020 Menurut Permendagri 33/2019)

Bupati Erly Hasim mengatakan, ia akan menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang APBK Simeulue 2020 jika sampai "batas waktu tertentu" DPRK tidak membahas dan menyetujui RAPBK.

"Bila dewan tetap tidak bahas dan mengesahkan APBK tahun 2020, hingga batas waktu tertentu, maka kami dari pihak Pemerintah Kabupaten Simeulue akan memilih opsi Perbup," kata Erly Hasyim kepada portalsatu.com, Senin, 2 Desember 2019.

Namun, Erly Hasyim tidak mengungkapkan secara detail, kapan "batas waktu tertentu" yang dia maksudkan.  

Erly Hasyim mengaku pihaknya sudah melayangkan surat resmi kepada DPRK agar segera membahas RAPBK, tapi tidak digubris oleh lembaga wakil rakyat Simeulue itu.

Dia turut menyinggung persoalan pokok pikiran (pokir) anggota DPRK yang diduga menjadi pemicu belum dibahasnya RAPBK 2020 lantaran alokasi pokir sesuai permintaan dewan belum diakomodir oleh Pemkab Simeulue. 

Menurut Erly Hasim, pemerintah selaku eksekutor dan bertanggung jawab terhadap anggaran, tidak dibenarkan dalam pengelolaan anggaran melampaui dari aturan berdasarkan atas permintaan.

Sejauh ini portalsatu.com belum memperoleh penjelasan dari pihak DPRK Simeulue soal mengapa RAPBK 2020 sampai sekarang belum dibahas.[]

Penulis: Egar Shabar

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.