17 January 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Caleg Aceh Bakal Berkurang, Pemilih Disabilitas 11.601 Orang

...

  • portalsatu.com
  • 14 January 2019 16:20 WIB

@Khairul Anwar
@Khairul Anwar

Banda Aceh - Sejumlah Calon Legislatif (Caleg) bakal berkurang di Aceh. Pasalnya,  ada yang mengundurkan diri pasca lulus Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS), adapula meninggal dunia. Sementara pemilih yang menyandang disabilitas 11.601 orang.

Komisoner KIP Aceh Munawarsyah menegaskan, sebelum dicetak kertas suara, sejumlah caleg mengundurkan diri. Pengunduran diri itu seiring lulus CPNS, adapula meninggal, termasuk pencoretan kerana terlibat dugaan kasus korupsi.

“Yang lulus CPNS kemaren sudah masuk surat ke KIP melalui parpol, tapi belum tahu juga berapa jumlahnya. Sementara yang meninggal dunia satu orang dan satu lagi dicoret karena dugaan terlibat kasus korupsi,” katanya, Senin, 14 Januari 2019, pada acara pembentukan relawan demokrasi pemilu 2019.

Dia menjelaskan, setelah ditetapkan dalam rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan tahap dua (DPT-HP 2) jumlah tetap sebanyak 3.523.774 jiwa. Sementara pemilih disabilitas, di antaranya Tuna Daksa, 3212 oranga, Tuna Netra 1536 orang, disusulkan dengan Tuna Rungu atau wicara sebanyak 1965 orang, sementara Tuna Grahita 2991 orang dan yang menyadang disabilitas lainnya sebanyak 1897 orang.

“Data ini hasil pendataan Distabilitas dari KIP Kabupaten Kota Di Aceh. Data ini sudah final tidak berubah lagi, ini sudah final," katanya.

Meski demikian, Munawarsyah mengakui, calon pemilih distabiltas dikatagorikan sudah sehat berdasarkan surat rekomendasi dari Docter. Bahkan kini hasil dari KPU telah final, terkait penyandang distabilitas kagori untuk memilih, pihak KIP sedang menunggu surat keputusan KPU.

“Mungkin dalam minggu ini sudah ada surat dari KPU katagori penyandang disabiltas bisa memilih,” tegasnya.[]

Penulis: Khairul Anwar

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.