05 December 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Caleg DPRA Laporkan PPK dan Caleg Separtai ke Panwaslih Aceh Utara

...

  • Fazil
  • 01 May 2019 16:00 WIB

Ketua Tim Pemenangan Junaidi Yahya, M. Agam Khalilullah, menyerahkan laporan ke Panwaslih Aceh Utara, 30 April 2019. Foto istimewa
Ketua Tim Pemenangan Junaidi Yahya, M. Agam Khalilullah, menyerahkan laporan ke Panwaslih Aceh Utara, 30 April 2019. Foto istimewa

ACEH UTARA - Calon anggota DPRA Dapil 5 dari Partai Gerindra nomor urut 2, Junaidi Yahya, melaporkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Matangkuli kepada Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Utara terkait dugaan pemindahan/pergeseran suara. Junaidi Yahya turut melaporkan calon anggota legislatif Aceh (caleg DPRA) yang separtai dengannya, nomor urut 1, Ridwan Yunus, ke Panwaslih Aceh Utara, Selasa, 30 April 2019.

Ketua Tim Pemenangan Junaidi Yahya, M. Agam Khalilullah, Rabu, 1 Mei 2019, mengatakan, dugaan pemindahan suara terjadi di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara. Agam menyebutkan, suara Partai Gerindra diduga dipindahkan ke suara caleg nomor urut 1, Ridwan Yunus. Menurut Agam, sejumlah suara badan caleg dari partai yang sama juga dipindahkan kepada caleg nomor urut 1 itu.

"Hal itu terungkap saat (tim Junaidi Yahya) melakukan analisa terhadap Formulir Model C1, yang hasilnya sangat jauh berbeda dengan dokumen Model DA1 (rekapitulasi kecamatan). Setelah ditelusuri, diketahui banyak suara partai yang berpindah ke suara badan caleg tersebut," kata Agam.

Agam berharap Panwaslih Aceh Utara segera menindaklanjuti laporan atas temuan tersebut. "Kami juga berharap Ketua DPD Partai Gerindra Aceh agar mengambil sikap terhadap kasus ini," ujarnya.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Panwaslih Aceh Utara, Safwani, mengakui  pihaknya sudah menerima laporan tersebut. "Kita, besok (Kamis), baru melakukan kajian atas laporan tersebut," ujar Safwani dikonfirmasi portalsatu.com, Rabu siang.

Ketua PPK Matangkuli, Muslem, menjelaskan, "Saat melakukan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan, kami melihat para saksi tidak ada hal yang dipermasalahkan. Bahkan pada hasil rekapitulasi tingkat kecamatan (DA1) juga sudah ditandatangani oleh para saksi semua, formulir Model C1 pun demikian, dan jelas semua".

"Artinya, sudah diteken pada dokumen tersebut yang disaksikan oleh saksi, dan bisa juga melihat data pembanding dari pihak Panwascam," ujar Muslem dihubungi portalsatu.com, Rabu siang.

Muslem menyatakan PPK Matangkuli siap menghadapi laporan Junaidi Yahya kepada Panwaslih Aceh Utara. "PPK ini kan sebagai penyelenggara pemilu, jadi apapun itu tetap dihadapi. Kita bisa menjelaskan berdasarkan hasil rekapitulasi yang ada," ucapnya.

Wartawan portalsatu.com belum berhasil memperoleh keterangan caleg DPRA Dapil 5 dari Partai Gerindra nomor urut 1, Ridwan Yunus, terkait laporan tesebut.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.