13 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Cek Mad: Kita Kaji Dulu Sektor Apa yang Layak Dikembangkan

...

  • Fazil
  • 08 December 2018 07:30 WIB

Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib akrab disapa Cek Mad. @Fazil
Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib akrab disapa Cek Mad. @Fazil

LHOKSEUMAWE - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh, H. Muzakir Manaf, melantik T. Muhibuddin, ST., sebagai Kadin Aceh Utara berserta pengurus Pengurus Kadin lainnya, di Hotel Lido Graha, Kota Lhokseumawe, Jumat, 7 Desember 2018.

Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib akrab disapa Cek Mad, mengatakan, pihaknya berharap dengan terbentuknya Kadin agar pengusaha-pengusaha dapat mengembangkan usahanya lebih terarah. Artinya, supaya bisa berjalan tingkat mikro terlebih dahulu, dan nantinya akan dipetakan dulu dari sektor mana yang layak untuk dikembangkan.

"Kalau kita ingin mengekspor produk daerah tentu harus berjalan terus-menerus, maka perlu dilakukan pengkajian lagi nanti dari sektor apa yang berpotensi. Untuk itu, kita meminta pihak Kadin supaya nanti dapat berembuk kembali dengan pemerintah berkenaan itu," kata Cek Mad, kepada wartawan, usai pelantikan Kadin Aceh Utara, Jumat.

Ditanya berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya dari sektor apa saja yang sudah dikembangkan, menurut Cek Mad, untuk sementara bukan tidak dikembangkan, karena daerah ini bekas konflik yang berkepanjangan pada masa lalu, sehingga produk lokal yang diharapkan untuk dapat diekspor belum terpenuhi. 

"Tetapi dengan terbentuk Kadin ini nanti dapat menemukan dari segi komoditas apa yang dapat dikembangkan khususnya di Aceh Utara. Apakah itu berupa komoditas pinang, kelapa, rotan maupun lainnya, itu nanti akan kita petakan dulu dan tergantung  dengan investasi yang masuk dari segi apa yang diminta, itu paling penting," ujar Cek Mad.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.