23 May 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Cek Mad: Pertengahan 2018 Utang Aceh Utara Sudah Lunas

...

  • SIRAJUL MUNIR
  • 05 February 2018 20:30 WIB

LHOKSEUMAWE - Laporan terbaru Tim Anggaran Pemerintah Kabupaten (TAPK) Aceh Utara kepada Badan Anggaran DPRK, total utang atau kewajiban Pemkab Aceh Utara tahun 2017 yang harus dibayar dengan anggaran 2018 mencapai Rp174 miliar. Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib mengklaim, utang tersebut akan lunas dibayar sampai pertengahan tahun 2018.

Hal itu dikatakan bupati yang akrab disapa Cek Mad menjawab portalsatu.com usai melantik dan mengambil sumpah pejabat eselon II dan pejabart administrator, di Setda Aceh Utara, Jumat, 2 Februari lalu. "Insya Allah pertengahan tahun ini utang kita sudah lunas, karena semua dana APBK untuk membayar utang," tegas Cek Mad.

Ia menjelaskan, alokasi APBK 2018 hanya untuk operasional kantor-kantor dan gaji aparatur, sedangkan untuk proyek pengadaan dan infrastruktur nyaris tidak ada. Kecuali, proyek bersumber dari DAK dan Otsus atau dari luar APBK.

"Kita komit bayar, semua kita lunaskan termasuk gaji aparatur gampong. Harapan besar, di tahun 2019 anggaran Aceh Utara kembali normal," jelas Cek Mad.

Sementara itu, hal sama juga dikatakan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten (BPKK) Aceh Utara, Muhammad Nasir. Namun, dia enggan menjelaskan item-item utang mana saja yang akan dibayar dalam waktu dekat.

"Benar, nyaris tidak ada proyek tahun ini, semua anggaran untuk bayar utang. Kapan kita mulai bayar? Kita tunggu masuk APBK dulu, artinya anggaran 2018 sudah masuk dalam kas, item mana saja yang akan dibayar tidak bisa saya ungkapkan karena tidak etis, karena  itu kewenangan pimpinan (bupati)," sebut Nasir.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.