12 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Cek Zainal Buka MTQ Se-Kecamatan Meuraxa

...

  • portalsatu.com
  • 13 April 2018 08:00 WIB

Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) I Tingkat Kecamatan Meuraxa, di halaman Masjid Syekh Abdurrauf, Gampong Blang Oi, Kamis (12/4/2018) malam. @Istimewa
Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) I Tingkat Kecamatan Meuraxa, di halaman Masjid Syekh Abdurrauf, Gampong Blang Oi, Kamis (12/4/2018) malam. @Istimewa

BANDA ACEH - Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) I Tingkat Kecamatan Meuraxa, Kamis (12/4/2018) malam di halaman Masjid Syekh Abdurrauf, Gampong Blang Oi.

Prosesi pembukaannya ditandai dengan penabuhan Rapai oleh Cak Zainal -panggilan akrab wakil wali kota bersama Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah dan unsur Muspika Meuraxa.

Cek Zainal dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pihak kantor kecamatan dan perangkat desa serta masyarakat Meuraxa atas pergelaran perdana MTQ tingkat kecamatan dalam wilayah Banda Aceh tersebut.

“Kami juga berharap agar pengajian-pengajian di meunasah maupun masjid di seluruh gampong akan lebih semarak lagi dengan adanya event-event MTQ di setiap kecamatan nantinya,” katanya.

Menurutnya, MTQ merupakan salah satu upaya untuk mendorong keinginan dan kemauan generasi muda untuk membaca dan mempelajari Al-Quran. “MTQ sangat penting dalam membentuk generasi mendatang yang bukan hanya mampu membaca dan menghafal Al-Quran, namun yang lebih penting lagi mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.”

Ia pun berharap para juara MTQ Meuraxa ini nantinya dapat pula berprestasi di ajang serupa pada tingkat yang lebih tinggi. “Bukan hanya di tingkat kota dan provinsi, tapi juga mampu mengharumkan nama Banda Aceh di tingkat nasional maupun internasional,” katanya.

Pada kesempatan itu, wakil wali kota juga berharap masyarakat untuk berduyun-duyun datang ke lokasi MTQ. “Ajang ini juga media untuk memperkuat ukhuwah islamiah antara kita semua. Anak-anak kita yang ikut berlomba tentu akan lebih bersemangat jika ramai warga yang datang seperti pada malam ini,” pungkasnya.

Plt Camat Meuraxa Ardiansyah menyebutkan ajang ini akan berlangsung selama empat hari ke depan hingga Minggu (15/4). “Ada lima cabang yang kita perlombakan yakni Tilawatil, Tilawah, Syahril, Hafiz, dan Tartil Quran. Pesertanya berasal dari seluruh gampong dalam Kecamatan Meuraxa,” katanya.

“MTQ tingkat kecamatan ini merupakan wujud komitmen dari pemerintahan Aminullah Usman-Zainal Arifin untuk menggelar ajang MTQ di setiap kecamatan, sebelum pelaksanaan MTQ tingkat kota pada Juli mendatang. Alhamdulillah Meuraxa menjadi kecamatan perdana yang menggelar event ini,” katanya.[] (Rilis)

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.