22 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ciptakan Varian Menu Baru, Pewaris Lumpia Ini Terima Penghargaan

...

  • KOMPAS
  • 28 February 2016 12:30 WIB

Pewaris Lumpia Semarang generasi ke-5 Cik Me Me (kanan) mendapat penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia atas penciptaan menu lumpia terbanyak. @kompas.com
Pewaris Lumpia Semarang generasi ke-5 Cik Me Me (kanan) mendapat penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia atas penciptaan menu lumpia terbanyak. @kompas.com

JAKARTA - Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) memberikan penghargaan kepada pewaris generasi ke-5 kuliner lumpia Semarang, Melanie Sugiarto atas penciptaan varian menu terbanyak. 

Melalui tangan dingin wanita yang disapa Cik Me Me ini, lumpia yang merupakan kuliner khas Kota Semarang bisa dihadirkan dengan berbagai varian menu, sehingga bisa dinikmati semua kalangan dari jenis usia apa pun. 

“Menganugerahkan Cik Me Me sebagai penghargaan pencipta varian lumpia Semarang terbanyak, dan ayahnya Tan Yok Tjay sebagai salah satu pakar kuliner Lumpia Semarang,” kata pendiri Leprid, Paulus Pangka, Minggu (28/2/2016).

Berbagai menu inovasi yang dibuat oleh Cik Me Me yang terbaru misalnya, Lumpia Raja Nusantara yang berisi campuran jamur dan kacang mede, KaJaMu yang berisi kambing jantan muda dicampur daging kambing muda, kemudian Lumpia Fish dengan campuran isi daging ikan kakap. 

Menu lainnya, Lumpia Crab atau lumpia berisi daging kepiting, kemudian Lumpia Original dengan campuran udang, rebung, dan ayam, serta Lumpia Plain yang berisi makanan khusus untuk kalangan vegetarian. 

Paulus mengatakan, penghargaan terhadap tokoh diperlukan agar lumpia bisa terus berkembang dan eksistensinya diakui masyarakat. Penghargaan juga membuktikan inovasi kuliner bisa terus dilakukan. 

“Penghargaan memberdayakan para pihak agar tetap lestari,” tambah dia. 

Melanie Sugiarto, atau Cik Me Me mengatakan, penciptaan menu-menu lumpia baru merupakan inovasi agar lumpia bisa terus berkembang. Penciptaan lumpia dengan isi kacang mede misalnya ternyata bisa diciptakan dengan baik. 

Sebagai bekal penambahan, pihaknya akan terus melakukan kolaborasi dengan pihak lain agar inovasinya bisa diakui dan disertifikatkan. Dengan berbagai inovasi, ia yakin promosi lumpia bisa meningkat. 

“Saya yakin lumpia akan melebar ke dunia. Pertama-tama yang penting wisatawan yang datang bisa cicipi makanan khas Semarang ini,” imbuh dia.[] sumber: kompas.com

Editor: BOY NASHRUDDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.