11 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Coba Ambil Pelampung Ujung Pukat, Nelayan Idi Tewas Tenggelam

...

  • portalsatu.com
  • 09 July 2020 18:04 WIB

Jasad Muhammad Husein saat dievakuasi di Kuala Idi [Foto: IST]
Jasad Muhammad Husein saat dievakuasi di Kuala Idi [Foto: IST]

Karena tak bisa meraih pelampung ujung pukat dengan pengait, Muhammad Husein terjun ke laut untuk mengikat tali, tapi ia tewas tenggelam sebelum jerigen di ujung pukat diikat.

IDI – Nelayan asal Titi Baroe, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, Muhammad Husein tewas tenggelam di laut. Pria berusia 31 tahun itu merupakat Apet Pawang (Wakil Nakhoda) Boat KM Jasa Poma Baru.

Kasubbag Humas AKP Muhammad Nawawi, mengungkapkan, pada Kamis pagi, 9 Juli 2020 sekitar pukul 08.00 WIB, Satuan Polisi Perairan dan Udara Polres Aceh Timur menerima informasi dari Nahkoda KM. Jasa Poma Baru melalui Radio Orari yang menginformasikan bahwa salah satu Anak Buah Kapal (ABK) kapal tersebut meninggal dunia

Musibah itu terjadi bermula saat ABK Boat Jasa Poma Baru menurunkan pukat ke laut guna menangkap ikan, setelah jaring diturunkan pada tahap terakhir para ABK mengambil ujung jaring pukat dengan ditandai jerigen kosong berwarna putih, akan tetapi tidak dapat diraih dengan menggunakan penggait.

Karena jerigen ujung pukat tak dapat diraih, Muhammad Husen melompat dari boat untuk meraih jerigen yang jaraknya sekitar 12 meter dari boat. ABK lain Rali Abdullah melempar tali kepadanya agar bisa diikat ke pelampung, namun tidak lama kemudian terdengar teriakan minta tolong.

“Mendengat teriakan minta tolong, Rali Abdullah dan temannya Tarmizi melompat ke laut untuk menolong Muhammad Husein, tapi saat itu korban sudah tenggelam. Tarmizi berhasil meraihnya dan dibawa naik ke boat untuk diberikan pertolongan pertama,” jelas AKP Muhammad Nawawi.

Boat KM Jasa Pora Baru Muhammad Husien kemudian membawa Muhammad Husein ke Kuala Idi, mereka tiba di Kuala Idi sekitar pukul 10.30 WIB . ABK KM Jasa Poma Baru bersama anggota Satpolair Polres Aceh Timur, BPBD Aceh Timur, Lanal Pos Idi membawa korban ke Rumah Sakit Umum dr. Zubir Mahmud, Idi, tapi korban dinyatakan telah meninggal dunia.[rilis]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.