22 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Curi Uang Jemaah Masjid, Aksi Pria Ini Terekam CCTV

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 12 January 2019 19:40 WIB

Barang bukti disita polisi. Foto: dok. Polsek Lhoksukon
Barang bukti disita polisi. Foto: dok. Polsek Lhoksukon

LHOKSUKON - Mus, 31 tahun, warga Gampong Keude Karang Ineung, Kecamatan Peurlak Timur, Aceh Timur diamankan polisi karena mencuri uang milik jemaah di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon, Aceh Utara, Jumat, 11 Januari 2019, sekitar pukul 16.00 WIB. Perbuatan pelaku diketahui setelah polisi memutar ulang CCTV di masjid tersebut.

“Pelaku Mus kita amankan di salah satu warung nasi yang ada di kawasan Lhok Nibong, Kecamatan Pante Bidari, Aceh Timur, Jumat, pukul 17.30 WIB. Selain terekam CCTV saat beraksi, ada saksi yang melihat pelaku naik mopen L-300 ke arah timur. Setelah dilakukan pengejaran, pelaku berhasil diamankan Sat Intelkam,” ujar Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kapolsek Lhoksukon AKP Teguh Yano Budi via telepon seluler, Sabtu, 12 Januari 2019.

Menurut Teguh, kasus itu terungkap setelah korban, Marzuki, 33 tahun, warga Gampong Alue Itam Reudep LT, Kecamatan Lhoksukon, melaporkan kehilangan uang Rp 19 juta kepada pihak otoritas masjid yang diteruskan ke polisi. Saat kejadian, korban sedang salat berjemaah di masjid.

“Setelah keluar rumah, korban menuju ATM BRI mengambil uang Rp 5 juta untuk membeli sepeda motor di lokasi perkumpulan agen Lhoksukon. Kemudian korban masuk ke masjid untuk salat berjemaah. Saat itu korban mengganti celananya dengan sarung, sementara uang dan barang berharga lainnya disimpan di saku celana yang diletakkan di sampingnya,” kata Teguh.

Ketika salat, lanjutnya, korban berdiri di saf paling akhir. “Usai salat, korban berdiri dengan maksud mengganti sarung dengan celana yang tadi dipakainya. Namun ia terkejut melihat posisi celana sudah bergeser dan semua uangnya telah hilang, termasuk handphone dan barang lainnya. Korban kemudian melapor kepada pihak otoritas masjid yang diteruskan ke kita. Korban kehilangan uang tunai Rp 19 juta. Sementara dari pelaku kita amankan satu unit ponsel android, sebuah dompet berisi KTP dan beberapa kartu penting lainnya termasuk uang tunai Rp17,4 juta," jelas Teguh. 

Saat ini, pelaku bersama sejumlah barang bukti sudah diamankan di Mapolsek Lhoksukon untuk proses penyelidikan lebih lanjut. “Kita imbau kepada masyarakat ke depannya untuk berhati-hati saat meletakkan barang berharga, apalagi jika berada di tempat umum,” pungkas AKP Teguh.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.