30 March 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dana BOS Pidie 2019 Rp53 M, Tahun Ini Dinas Pendidikan Pidie Belum Tahu, Kenapa? 

...

  • ZAMAH SARI
  • 14 February 2020 12:00 WIB

Ilustrasi. Foto: istimewa/net
Ilustrasi. Foto: istimewa/net

SIGLI - Meski dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahap pertama tahun ajaran 2020 sudah mulai ditransfer ke daerah melalui rekening sekolah, namun Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie tidak mengetahui besarnya kucuran dana tahun ini.  Anehnya lagi, mereka juga tidak mengetahui jumlah siswa baik SD maupun SMP sebagai acuan daftar penerima BOS.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie, Riswandi, Rabu, 12 Februari 2020, mengatakan, dana BOS itu ditransfer langsung ke rekening sekolah sesuai jumlah murid terdata. Pihak dinas hanya melakukan pengontrolan terhadap penggunaan dana BOS sesuai petunjuk teknis (Juknis) yang telah ditetapkan.


“Tahun ini kita belum mengetahui apakah sudah ditransfer untuk tahap pertama dana BOS dari tiga tahap penyaluran. Angka berapa besarnya BOS akan diketahui jika kita sudah melihat Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang merupakan sistem pendataan skala nasional secara terpadu,” ujarnya.

Untuk mengetahui angka besarnya kucuran dana BOS, dia memanggil stafnya, yakni Manajer BOS guna memberi penjelasan. Namun, Admi selaku Manajer BOS juga tidak mengetahui angka pasti dana BOS untuk Kabupaten Pidie tahun ini. Menurut Admi, pihaknya hanya mengetahui bahwa dana BOS tahun ini per siswa bertambah Rp100 ribu dari tahun lalu dan pencairan dilakukan tiga tahap.

“Angka pastinya kita belum tahu, karena sesuai dengan data Dapodik yang dikirim secara online sekolah. Data itu diverifikasi lagi di pusat, jika ada siswa tidak cukup umur, dana BOS itu tidak diberikan,” ujar Manajer BOS Dinas Pendidikan Pidie ini.

Dia merincikan besar BOS tahun lalu untuk SD per siswa dialokasikan Rp800.000, tahun ini ditambah Rp100.000 menjadi Rp900.000. Begitu juga tingkat SMP, kalau sebelumnya Rp1 juta per siswa, tahun ini menjadi Rp1,1 juta per siswa. 

Anehnya, Dinas Pendidikan Pidie tidak mengetahui jumlah siswa SD dan SMP di Kabupaten Pidie, dengan alasan data pada Dapodik tapi tak ada operator untuk membukanya. Untuk melihat angka pasti tentang jumlah siswa yang berada di bawah Dinas Pendidikan Pidie, harus melalui Dapodik.

"Tahun ini jumlah siswa kita belum tahu pasti, semua terdata di Dapodik. Kalau jumlah tahun 2019 ada dengan jumlah total SD dan SMP sebanyak 49.477 siswa. Sehingga besar dana BOS tahun lalu Rp 42 miliar lebih reguler ditambah BOS afirmasi dan kinerja Rp11,4 miliar," papar Admi.

Adapun BOS reguler dialokasikan untuk kebutuhan siswa. Sedangkan BOS afirmasi dan kinerja untuk dibelanjakan seperti komputer, infokus, laptop dan lain-lain. 

Jika dilihat dari data disampaikan Admi, Kabupaten Pidie tahun 2019 mendapatkan kucuran dana BOS mencapai Rp53 miliar lebih, untuk tahun ini angkanya diprediksi akan bertambah mengingat adanya penambahan persiswa Rp100 ribu. Berdasarkan data jumlah SD di Kabupaten Pidie sebanyak 279 unit dan SMP 63 unit tersebar di 23 kecamatan dalam Kabupaten Pidie.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.