26 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Debat Capres 17 Februari: Jokowi vs Prabowo, Siapa Menang?

...

  • PORTALSATU
  • 17 February 2019 13:50 WIB

Ilustrasi sosialisasi Debat Kedua Calon Presiden Pemilu 2019 yang digelar di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/2/2019) dengan tema: Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, serta Infrastruktur. Foto: Istimewa
Ilustrasi sosialisasi Debat Kedua Calon Presiden Pemilu 2019 yang digelar di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/2/2019) dengan tema: Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, serta Infrastruktur. Foto: Istimewa

JAKARTA – Debat kedua capres berlangsung malam ini, Minggu, 17 Februari 2019, di Hotel Sultan Jakarta, menampilkan capres Jokowi vs Prabowo. Tema akan dibahas yaitu energi, pangan, infrastruktur, energi, pangan, sumber daya alam, (SDA) dan lingkungan hidup.

Secara keseluruhan, acara berlangsung selama 2 jam dengan waktu efektif 1,5 jam dan dibagi enam segmen. Debat akan dimoderatori Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

Sejumlah isu tersebut dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu infrastruktur, energi dan pangan, serta SDA dan lingkungan hidup.

Segmen pertama diawali dengan penyampaian visi misi. Setelah itu pengambilan undian video untuk ditampilkan pada segmen keempat.

Bagian kedua adalah pendalaman program infrastruktur serta energi dan pangan. Di sini, moderator melempar pertanyaan kepada capres Joko Widodo. Kemudian, capres Prabowo Subianto memberikan komentar dan ditanggapi Jokowi. Begitu pula sebaliknya.

Segmen selanjutnya membahas SDA dan lingkungan hidup.

Skema berjalannya debat tidak berbeda dengan sebelumnya. Kali ini Prabowo yang akan ditanya lebih dulu.

Segmen keempat berbeda dengan kedua dan ketiga. Pertanyaan telah diaktualisasikan dalam bentuk video yang sudah diambil pada segmen pertama. Total durasi pada bagian ini adalah 16 menit.

Di sini peserta debat mengomentari tayangan video. Mereka bakal beradu argumentasi mengenai visi misi yang jadi unggulan. Agar tidak melenceng dari tema, moderator berhak mengatur jalannnya debat. Tommy dan Anisha juga memastikan peserta tampil berimbang.

Segmen kelima disebut debat inspiratif. Jokowi dan Prabowo akan saling melempar pertanyaan seputar tema debat. Prabowo sebagai capres nomor urut 02 memulai pertanyaan lebih dulu kepada Jokowi, capres nomor urut 01.

Segmen terakhir adalah pernyataan penutup. Moderator mempersilakan kepada peserta membuat pernyataan kepada publik apa yang membuat mereka layak dipilih menjadi presiden. Acara debat diakhir dengan penampilan Armand Maulana dan angklung.
 
Penulis: Jaffry Prabu Prakoso.[]Sumber: bisnis.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.