10 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dewan Temukan 30 Persen Bibit Kopi Bantuan 2019 Belum Ditanam

...

  • portalsatu.com
  • 24 February 2020 18:30 WIB

Musrembang di Gayo Lues [foto: Win Porang]
Musrembang di Gayo Lues [foto: Win Porang]

Kepala Dinas Pertanian menjelaskan 30 persen bibit bantuan itu belum ditanam karena faktor cuaca dan jalan ke kebun belum dibuka.

BLANGKEJEREN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Gayo Lues menemukan banyak bibit kopi bantuan tidak ditanam petani. Padahal, bibit kopi untuk lahan seluas 500 hektare itu merupakan program tahun 2019.

Temuan itu disampaikan anggota DPRK Gayo Lues, Ridwan, Senin, 24 Februari 2020. Ia meminta Dinas Pertanian dan Perkebunan Gayo Lues melibatkan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam melakukan pendataan, sehingga penerima bibit kopi merupakan orang-orang yang memiliki lahan perkebunan siap tanam.

"Kami juga tidak tahu entah bibit bantuan ini tidak bagus atau memang penerimanya tidak memiliki kebun, yang jelas masih banyak sekali bibit bantuan kopi tahun 2019 lalu belum ditanam," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Gayo Lues, Zakaria, menjelaskan belum ditamnya sekitar 30 persen bibit tersebut karena faktor cuaca. Ia mengatakan bibit kopi yang disalurkan adalah bibit bagus dan telah melewati PHO. Begitu juga dengan petani, semua penermianya memiliki lahan setelah melalui pendataan.

"Menurut data kami, bibit kopi bantuan tahun 2019 yang sudah ditanam mencapai 70 persen, dan 30 persen lagi belum ditanam. Kenapa ada yang belum menanam, karena faktor cuaca dirasa warga belum tepat, dan jalan menuju ke perkebunan juga belum dibuka," katanya. [Win Porang]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.