25 June 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Di Dapil I Pansus DPRA Temukan Beberapa Program Keliru

...

  • PORTALSATU
  • 15 June 2017 22:20 WIB

Laporan pansus pada rapat paripurna istimewa DPRA di gedung utama kantor tersebut, Kamis 15 Juni 2017. @TAUFAN MUSTAFA
Laporan pansus pada rapat paripurna istimewa DPRA di gedung utama kantor tersebut, Kamis 15 Juni 2017. @TAUFAN MUSTAFA

BANDA ACEH - Hasil kunjungan Tim Pansus I DPRA Dapil I ke lapangan menemukan beberapa program yang dinilai tidak sesuai dengan perencanaan

Hal tersebut disampaikan Sulaiman Ali saat menyampaikan laporan pansus dalam rapat paripurna istimewa DPRA di gedung utama dewan, Kamis, 15 Juni 2017.

"Ada beberapa program yang dilaksanakan tidak mengacu kepada perencanaan yang telah ditetapkan," katanya.

Menurutnya, kunjungan kerja Pansus Dapil I Tahun 2017 DPRA meliputi Kabupaten Aceh Besar, Kota Banda Aceh dan Kota Sabang.

"Pansus I DPR Aceh telah melaksanakan tugasnya melakukan kunjungan kerja sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan mulai tanggal 2 sampai 8 Juni 2017," kata Sulaiman.

Sulaiman menyebutkan, berdasarkan temuan pansus masih ada program dan kegiatan yang dilaksanakan tidak tepat sasaran dan bukan kebutuhan masyarakat yang mendesak, tetapi diduga hanya keinginan segelintir orang untuk menciptakan proyek.

"Banyaknya bangunan-bangunan atau proyek-proyek yang tidak fungsional serta terbengkalai. Masih banyak proyek-proyek yang dibangun dengan kualitas rendah atau asal jadi," ungkapnya.

Ia menambahkan, pansus meminta Pemerintah Aceh supaya ke depan program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan harus sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.

"Setiap kegiatan pembangunan harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tidak tumpang tindih," kata Sulaiman.

Pansus Dapil I, kata dia, mengharapkan kepada Pemerintah Aceh agar rekanan pelaksana kegiatan harus profesional dan bonafit sesuai dengan keahliannya. Pelaksanaan pekerjaan pembangunan harus diawasi dengan ketat agar uang rakyat yang digunakan tidak sia-sia.

"Seperti pembangunan break water, jetty, pengamanan tebing sungai dan lain-lain haruslah dievaluasi kembali karena yang dilaksanakan selama ini kebanyakan bukan kebutuhan yang mendesak dan menyebabkan rusaknya lingkungan akibat eksploitasi batu gajah tanpa kendali dan rusaknya fasilitas umum akibat mobilisasi batu gajah tersebut," jelasnya.

Apabila kegiatan tersebut menjadi kebutuhan masyarakat yang mendesak, pansus menyarankan kepada Gubernur Aceh supaya menggunakan material cetakan yang ramah lingkungan.

Adapun permintaan Pansus Dapil I kepada Gubernur Aceh untuk menyelesaikan dan membangun secara tuntas seperti: 

Jaringan pipa PDAM di kawasan perbatasan Aceh Besar – Banda Aceh belum maksimal, ada wilayah warga yang belum teraliri air bersih.

Pembangunan instalasi air bersih dan jaringan induk dikawasan kecamatan Montasik sudah selesai dikerjakan, tetapi hingga saat ini jaringan tersebut belum tersambung ke rumah penduduk.

Jembatan Lampanah Tunong – Makam Chik Ditiro yang masih terbengkalai, pansus meminta kepada Pemerintah Aceh untuk segera ditangani sampai tuntas.

Jembatan Limpok – Lamreung yang terbengkalai.

Embung Blang Karam, embung Twi Geulumpang, Embung Tanoh Abee, dan embung-embung lainya agar segera difungsikan supaya berguna untuk masyarakat dalam mengairi lahan pertanianya.

Keberadaan beberapa titik tumpukan sampah di kawasan Aceh Besar sudah sangat mengkhawatirkan antara lain di Ajun, Balang Bintang dan jalan pasar induk Lambaro supaya segera dicari solusinya.

"Kami berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan gambaran dan temuan permasalahan di lapangan yang objektif terhadap proyek-proyek yang telah diprogramkan, serta dapat memperbaiki kinerja untuk kesempurnaan program pembangunan di masa yang akan datang dan menjadi bahan pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh dalam memprioritaskan anggaran pembangunan di tahun 2018 dan 2019," kata Sulaiman.

Amatan portalsatu.com, rapat paripurna istimewa tersebut dibuka Wakil Ketua DPRA Sulaiman Abda.[]

Laporan: Taufan Mustafa

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.