26 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Di Inggris: 5 Masjid Dirusak dengan Palu, Unit Anti-Terorisme Buru Pelaku

...

  • KUMPARAN.com
  • 21 March 2019 20:30 WIB

Ilustrasi kaca pecah Foto: Pixabay
Ilustrasi kaca pecah Foto: Pixabay

INGGRIS - Pria tidak dikenal melakukan teror dengan merusak lima masjid di Inggris menggunakan palu. Perusakan ini dia lakukan dalam waktu hanya semalam, 21 Maret 2019.

Diberitakan BBC, empat masjid yang diincar pelaku semuanya terletak di Birmingham, kota dengan populasi Muslim terbanyak di Inggris.

Menurut laporan polisi, peristiwa ini terjadi pada dini hari. Laporan pertama muncul di masjid Birchfield Road sekitar pukul 02.30 waktu setempat. Kurang dari sejam kemudian, laporan kedua muncul dari masjid di Slade Road.

 Tiga masjid lainnya yang mengalami perusakan terletak di Witton Road, Aston, dan Perry Barr, kata laporan polisi West Midlands.

Belum diketahui motif serangan, namun kasus ini juga diselidiki oleh Unit Anti-Terorisme kepolisian Inggris.

"Saat ini kami belum tahu motif penyerangan semalam. Saya bisa katakan bahwa kepolisian dan unit pemberantasan terorisme bekerja sama untuk mencari pelakunya," kata kepala polisi West Midlands, Dave Thompson.

Juru bicara masjid Witton Islamic Centre mengatakan kamera CCTV berhasil menangkap aksi pelaku pada pukul 01.30 dini hari. "Seluruh jendela depan, sekitar enam, semuanya hancur. Karena kekuatan yang dia gunakan, kerusakan terjadi dari jendela ke dalam masjid," kata dia.

Thompson mengatakan, sejak penembakan di Christchurch, Selandia Baru, yang menewaskan 50 orang, masjid-masjid di Inggris dalam pengawasan ketat aparat. Pasalnya, serangan terhadap Muslim oleh kelompok supremasi kulit putih bisa menular.

Diberitakan Independent, beberapa jam setelah penembakan di masjid Christchurch, seorang jemaah masjid di London timur diserang dengan palu oleh orang tak dikenal. Usai penembakan itu juga, tiga orang pria meneriakkan kata-kata bernada Islamofobia kepada jemaah salat Jumat di Cannon Street Road.

Penulis: Denny Armandhamu.[]Sumberkumparan.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.