19 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Hari Pertama dan Kedua
Di Pidie, 65 Siswa SMP Tak Ikut Ujian Nasional

...

  • ZAMAH SARI
  • 24 April 2018 18:00 WIB

@Zamah Sari
@Zamah Sari

SIGLI - Sebanyak 65 siswa peserta Ujian Nasional (UN) di Kabupaten Pidie tidak ikut ujian hari pertama dan kedua. Salah seorang di antarannya kini diketahui ternyata sudah meninggal dunia.

“Hingga hari kedua pelaksanaan UN 65 siswa tidak hadir. Satu orang sudah meninggal dunia, lima orang tidak sekolah lagi, dan 59 lainnya tidak bisa hadir karena sakit,” ujar Sulaiman, Ketua Panitia UN di Kabupaten Pidie, Selasa, 24 April 2018.

Menurut Sulaiman, bagi mereka yang tidak bisa hadir karena sakit, akan diberi kesempatan mengikuti ujian susulan.

Dia juga menjelaskan, saat ini terdapat 25 sekolah dari 60 SMP belum bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) karena tidak ada fasilitas komputer. Dua puluh lima SMP tersebut masih melaksanakan UN secara manual atau Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNPK). Sedangkan 35 SMP melaksanakan UNBK.

“Sebenarnya dari 35 sekolah itu pun,  baru 17 sekolah yang bisa melaksnakan UNBK secara mandiri karena tersedia perangkat komputer, sedangkan sisanya 18 sekolah numpang di sejumlah SMA dan SMK ,” kata Sulaiman yang juga Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Pidie.

Sulaiman menyebutkan, pemerintah setempat terus berupaya agar semua sekolah dapat melaksanakan  UNBK pada tahun berikutnya. Tahun ini, menurut Sulaiman, pihaknya mengajukan 500 unit perangkat komputer yang akan dibagikan ke sekolah-sekolah yang belum memiliki komputer.

Sebelumnya diberitakan sebanyak 7.218 siswa SMP/MTs di Kabupaten Pidie mengikuti UN, Senin, 23 April 2018. Dari jumlah itu, 6.068 siswa mengikuti UNBK, dan 1.150 lainnya masih menggunakan sistem manual atau UNKP.[]

Editor: IRMANSYAH D GUCI

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.