26 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Di Pidie: Ibu dan Dua Anaknya Positif Covid-19, Ini Kata Kepala Puskesmas

...

  • ZAMAH SARI
  • 30 September 2020 18:25 WIB

Ilustrasi Covid-19. Foto: Shutterstock
Ilustrasi Covid-19. Foto: Shutterstock

SIGLI - Ibu dan dua anaknya berusia 18 dan 11 tahun, warga Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, terkonfirmasi positif Covid-19. Kini mereka melakukan isolasi mandiri di rumah. 

Satu keluarga itu diketahui positif Covid-19 setelah keluar hasil uji swab atau RT-qPCR Covid-19 di Laboratorium Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), 28 September 2020. Dalam daftar ditandatangani Manajer Operasional Laboratorium Penyakit Infeksi Unsyiah, dr. Ichsan, tercantum nama dan alamat pasien serta hasil uji swab. Dari 11 warga Kabupaten Pidie positif Covid-19, tiga di antaranya satu keluarga beralamat di  Kecamatan Pidie, yakni ibu dan dua anaknya itu.

Hal itu dibenarkan Kepala Puskesmas Kecamatan Pidie, dr. Susi Yanti Eka Sartika, ketika dikonfirmasi portalsatu.com, Rabu, 30 September 2020. "Benar! Kami juga sudah telepon tim gugus untuk mengecek kebenaran," ujar Susi Yanti melalui telepon seluler. 

Selain tiga orang itu, lima warga Kecamatan Pidie lainnya juga positif Covid-19. Mereka tersebebar di lima gampong. Sehingga ada delapan warga Kecamatan Pidie positif berdasarkan hasil uji swab tersebut. 

Sesuai daftar pasien positif hasil swab dari Kecamatan Pidie, 3 warga Dayah Teubeng, 1 warga Gampong Barat, 1 warga Gampong Pukat, 1 warga Lhok Keutapang, 1 warga Jeumpa, dan 1 warga Lampeudue.

Menurut Yanti, pihaknya akan melakukan tracking kepada warga yang diduga kontak erat dengan pasien positif Covid-19 itu. Pihaknya juga akan memberitahukan para keuchik untuk memastikan adanya nomor kontak pasien positif agar memudahkan melakukan kontrol. 

"Langkah yang kita lakukan sekarang melakukan tracking bagi warga diduga kontak berat dengan pasien. Melakukan kontrol dan pengawasan perkembangan pasien," imbuh Yanti.

Setiap perkembangan pasien, kata Yanti, pihaknya akan berkoordinasi dengan tim gugus tugas. "Semua pasien positif dari Kecamatan Pidie tidak ada yang dirawat di rumah sakit. Semua mereka melakukan isolasi secara mandiri," pungkas Kepala Puskesmas Pidie.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.