19 August 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Diduga Pengurus Parpol, Dua PPG di Aceh Utara Tak Dilantik

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 11 June 2018 23:25 WIB

Sembilan PPG Kecamatan Lapang, Aceh Utara foto bersama usai pelantikan. @istimewa
Sembilan PPG Kecamatan Lapang, Aceh Utara foto bersama usai pelantikan. @istimewa

LHOKSUKON – Ratusan Pengawas Pemilu Gampong (PPG) dari enam kecamatan di Kabupaten Aceh Utara dilantik di aula kecamatan masing-masing, Senin, 11 Juni 2018. Namun, dua PPG dari Kecamatan Lapang tidak dilantik, karena diduga terlibat sebagai pengurus partai politik.

“Hari ini pelantikan PPG di enam kecamatan, jadi total yang sudah dilaksanakan 21 kecamatan. Tadi ada dua PPG dari Kecamatan Lapang tidak dilantik karena ada laporan dari masyarakat mereka berada dalam pengurus partai nasional dan lokal Aceh. Untuk Lapang, tadi hanya sembilan PPG yang dilantik dari total 11 PPG,” ujar Ketua Panwaslu Aceh Utara, Yusriadi kepada portalsatu.com via telepon seluler.

Yusriadi menyebutkan, seorang anggota PPG yang tidak dilantik dari Gampong Kuala Keuretoe dan seorang lainnya dari Gampong Kuala Cangkoi.

“Kemungkinan besar akan ada pergantian dua PPG tersebut, tapi kita klarifikasi dulu kepada yang bersangkutan, pelapor dan juga pihak partai. Kalau memang nantinya mereka terbukti sebagai pengurus partai, maka kita akan mengganti dan melantik PPG yang sebelumnya cadangan,” kata Yusriadi.

Ketua Panwaslu Aceh Utara mengimbau masyarakat apabila ada temuan anggota PPG terlibat dalam kepengurusan parpol, agar segera dilaporkan kepada Panwaslu.

“Kami harapkan kepada PPG yang sudah dilantik agar bisa menjaga profesionalisme, integritas, indepensi, dan netralitas, sehingga Pemilu 2019 nantinya bisa berjalan sesuai harapan semua pihak,” ujar Yusriadi.

Usai pelantikan, para anggota PPG diberikan pelatihan dan bimbingan teknis tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD, serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden pada 2019 mendatang.[]

Editor: portalsatu.com


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.