15 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Diduga Tiga Ekor Paus Mati Akibat Salah Cara Evakuasi

...

  • TAUFAN MUSTAFA
  • 17 November 2017 20:20 WIB

BANDA ACEH - Nelayan Durung, Aceh Besar, menyayangkan pola penanganan evakuasi paus-paus yang terdampar di pantai Ujong Kareung, Aceh Besar. Apalagi kawanan paus yang terdampar tersebut hanya mengantarkan salah satu temannya yang kritis ke pesisir pantai.

"Paus itu kalau mati satu, lainya akan naik ke laut. Seperti di Alue Naga kemarin itu, tiga paus yang terdampar, yang mati satu, dua ekornya cuma mengantarkan satu ekor yang sakit," kata Abdussalam, salah satu nelayan di Durung, Jumat, 17 November 2017.

Dia mengatakan seharusnya kawanan paus yang sehat tidak dipaksa untuk ditarik ke laut. Menurutnya, rata-rata paus yang mati itu karena petugas menarik paksa. 

"Harusnya tidak boleh diganggu, dibiarkan saja satu ekor yang sakit itu mati, yang lain pasti akan kembali ke laut," katanya.

Menurut Abdussalam paus merupakan jenis mamalia yang setia. Sudah menjadi kebiasaan paus untuk mengantarkan anggota kawanannya yang sakit ke pesisir pantai.

"Satu ekor yang sakit sudah terlihat putih-putih di punggungnya," ujar Abdussalam.

Dia mengetahui adanya paus terdampar sepulang melaut. Saat itu, anaknya yang menginformasikan adanya ikan besar di pantai Ujong Kareung.

"Saat sudah pulang (melaut) tiba-tiba anak saya pulang juga dan mengatakan ada pari besar sekali. Saat melihat langsung ternyata ekor paus yang diangkat-angkat dari laut," ujar Abdussalam.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.