12 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dihadiri Belasan Ribu Masyarakat, Pengurus Tastafi Dilantik Esok Malam

...

  • portalsatu.com
  • 16 April 2018 18:10 WIB

Ilustrasi Tastafi. @mudimesra.com
Ilustrasi Tastafi. @mudimesra.com

BANDA ACEH – Lebih dari seratus pengurus Pusat Majelis Pengajian dan Zikir Tasawuf, Tauhid Dan Fikih (Tastafi) periode 2018-2023 direncanakan akan dilantik Selasa malam (malam Rabu), 17 April 2018 di halaman depan Masjid Raya Baiturrahman. Pelantikan ini juga akan dihadiri belasan ribu santri dan jama’ah Tastafi dari seluruh Aceh. Hal tersebut disampaikan Dr. Tgk. Muntasir A. Kadir, MA, ketua Sterring Committee (SC) pelantikan, Senin, (16/4/2018).

Menurut Tgk Muntasir, visi majelis pengajian dan zikir Tastafi yaitu menjadi lembaga yang berfungsi mengkaji dan menyiarkan ilmu agama Islam yang berfaham Ahlussunnah waljamaah menuju penguatan ukhuwah Islamiyah dan harmonisasi dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara. Sementara salah satu misi Majlis Tastafi ini antara lain yaitu melakukan kajian dan penelitian keagamaan untuk melahirkan solusi terhadap permasalahan dalam masyarakat berkaitan dengan Tasawuf, Tauhid dan Fikih.

Adapun tema acara pelantikan ini, kata Tgk Muntasir, adalah “Membumikan Zikir dan Pengajian Tastafi demi meneguhkan Manhaj Ahlusunnah wal Jama’ah sebagai Landasan Penerapan Syari’at Islam”. 

“Dengan tema ini, panitia ingin mempertegas tekad para ulama Aceh untuk membumikan pengajian Tastafi di seluruh Aceh sehingga Manhaj Ahlusunnah wal Jama’ah yang mengikuti Asy’ariyah dan Maturidiyah semakin teguh di Aceh serta menjadi landasan dalam penegakan Syari’at Islam sebagaimana dulu di masa kejayaan Aceh seperti tersebut dalam Qanun Meukuta Alam Al-Asyi dan dalam kitab-kitab para ulama Aceh terdahulu, “ ujar Tgk Muntasir.

Tgk Muntasir menambahkan, tujuan didirikan majelis zikir dan pengajian Tastafi antara lain yaitu untuk membangun paradigma berpikir konstruktif dalam pemahaman ajaran Tasauf, Tauhid, dan Fikih dari pengaruh aliran sesat, liberalisme, sekularisme dan radikalisme, dan pemikiran diluar faham Ahlusunnah waljamaah.

Sementara itu, koordinator panitia pelantikan bidang Humas, Teuku Zulkhairi menjelaskan, para pengurus yang akan dilantik oleh pendiri Tastafi, Tgk. H. Hasanoel Basry (Abu Mudi) masing-masing Tgk. H. Muhammad Amin Daud (Ayah Cot Trueng) sebagai ketua Tanfidziyah (Ketua Dewan Pelaksana). Ayah Cot Trueng adalah Pimpinan Dayah Raudhatul Ma’arif Aceh Utara, salah satu dayah besar yang telah menghasilkan para ulama dan ribuan alumni lainnya di seluruh Aceh. Sementara para wakil adalah Tgk H. Muhammad Yusuf A. Wahab (Tu Sop Jeunieb) pimpinan Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb, Tgk. H. Ismail M. Yusuf ( Pimpinan Dayah Mathlabul Ilmi Samalanga dan Tgk. Muntasir A. Kadir.

Sementara sekretaris Tastafi, Tgk Marzuki Abdullah, M.Pd yang merupakan Wakil Rektor Institute Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga. Adapun para wakil sekretaris yaitu Tgk. Muhammad Rizwan H. Ali, MA (dosen Unimal), Dr Tgk Safriadi, MA (dosen IAIN Malikussaleh) dan Tgk Muslem Hamdani, MA (dosen STIS NU). Adapun bendahara yaitu Tgk.H. Sayed Mahyeddin, TMS dan wakil yaitu Tgk Muhammad Nasir H. Salahuddin. 

Selain para ketua dan sekretaris tanfidziyah (pelaksana), tambah Zulkhairi, juga akan dilantik ratusan pengurus lainnya yang menangani berbagai bidang dan divisi. 

“Para jama’ah dan santri yang datang dari berbagai kabupaten ini ditempatkan di berbagai dayah di kawasan Aceh Besar dan Banda Aceh. Dan mulai maghrib mereka akan meramaikan masjid Raya Baiturrahman. Acara ini juga terbuka untuk masyarakat umum, “ kata Zulkhairi.[](Rel)

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.