24 November 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dinas Pertanian Gayo Lues Bagikan 275 Hektare Benih Jagung, Ini Jumlah per Kecamatan

...

  • Win Porang
  • 20 October 2020 12:00 WIB

Petani Desa Penampaan Uken, Kecamatan Blangkejeren, saat proses pemupukan pertama. Foto: Istimewa
Petani Desa Penampaan Uken, Kecamatan Blangkejeren, saat proses pemupukan pertama. Foto: Istimewa

BLANGKEJEREN - Dinas Pertanian Kabupaten Gayo Lues kembali menyalurkan bantuan benih jagung hibrida jenis pioner untuk petani. Bantuan itu bertujuan menjaga ketahanan pangan dan memperbaiki perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19 melalui program Seco (Sela Covid-19).

Jakaria, S.Hut., Kepala Dinas Pertanian Gayo Lues, Senin, 19 Oktober 2020, malam, kepada wartawan mengatakan bantuan benih jagung yang sudah disalurkan kepada masyarakat tahun 2020 ini mencapai 275 hektare, yang tersebar di delapan kecamatan. Sedangkan tiga kecamatan lainnya tidak diberikan bantuan bibit jagung lantaran tidak mengajukan permohonan.

Delapan kecamatan yang menerima bantuan benih jagung tersebut, Kecamatan Blangkejeren 84 hektare (Ha), Blangpegayon 26 Ha, Kutapanjang 26 Ha, Blangjeranggo 36 Ha, Putri Betung 35 Ha, Terangun 22 Ha, Tripe Jaya 4 Ha, dan Pining 42 Ha. Sedangkan untuk Kecamatan Rikit Gaib, Pantan Cuaca dan Dabun Gelang diberikan bantuan bibit pertanian lain sesuai pengajuan proposalnya.

"Selain memberikan bantuan benih jagung 275 Ha, bantuan Pupuk Pelengkap Cair (PPC) dan herbisida juga kita berikan kepada petani, dengan harapan hasil yang diperoleh bisa maksimal," katanya.

Dari delapan kecamatan yang mendapatkan benih jagung pioner itu, sebagian di antaranya sudah melakukan penanaman. Sebagian lainya masih dalam tahap proses pengolahan lahan dan menunggu panen tanaman lain yang ada di perkebunan warga.

"Tanaman jagung di Kabupaten Gayo Lues sangat bergantung dengan cuaca. Jika cuaca mendukung, hasilnya sangat memuaskan. Namun, jika cuaca sering kemarau, ada juga petani yang gagal panen. Tapi mudah-mudahan dengan bantuan benih jagung pioner kali ini hasilnya memuaskan, dan penghasilan masyarakat di tengah Covid-19 tetap setabil," jelasnya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.