29 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dinkes Gayo Lues Latih 145 Orang Perangi Stunting

...

  • Win Porang
  • 13 October 2020 18:00 WIB

Foto: Win Porang
Foto: Win Porang

BLANGKEJEREN - Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues menggelar pelatihan advokasi dan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat guna memeranggi kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu lama (stunting). 

Purnama Abadi, Kepala Dinas Kesehatan Gayo Lues didampingi Bir Ali, Kabid Kesmas Dinkes, Selasa, 13 Oktober 2020, di Hotel Nusa Indah Blangkejeren, mengatakan advokasi dan sosialisasi pemberian makanan tambahan (PMT) diikuti145 orang yang dibagi dalam dua gelombang. Seluruh pesertanya adalah masyarakat dan pendamping desa per Puskesmas yang nantinya diharapkan bisa memberikan informasi kepada warga lainya.

"Peserta gelombang pertama hari ini dari daerah Puskesmas Kecamatan Blangkejeren 21 orang, dari Dabun Gelang 11 orang, Blangpegayon 10 orang, Kutapanjang 10 orang, Blangjerango 10 orang, dan dari Rikit Gaib 10 orang. Peserta gelombang kedua 14 Oktober 2020 nanti dari daerah Puskesmas Kenyaran 9 orang, Rerebe 10 orang, Terangun 24 orang, Pintu Rime 4 orang, Pining 5 orang, dan dari daerah Puskesmas Putri Betung 21 orang," katanya.

Bir Ali menambahkan, tujuan sosiliasi itu adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pemberian makanan tambahan dan asupan gizi yang baik untuk bayi di masa pertumbuhan. Adapun targetnya agar angka stunting di Gayo Lues bisa menurun dari tahun sebelumnya.

"Dengan dilakukanya advokasi dan sosialisasi ini, kita berharap agar masyarakat paham dan mengerti pemberian makanan tambahan dan gizi seimbang, sehingga dapat menurunkan angka stunting di Gayo Lues yang merupakan salah satu Kabupaten Lokus Stunting," katanya.

Sosialisasi stunting yang dilakukan Dinas Kesehatan itu berlangsung dengan menjaga jarak antarpeserta, dan wajib memakai masker di dalam dan di luar ruangan tempat acara.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.