17 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Diperiksa Propam Terkait Razia Waria, Untung Sangaji: Jika Begini Caranya...

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 01 February 2018 23:10 WIB

Kapolres Aceh Utara AKBP Untung Sangaji
Kapolres Aceh Utara AKBP Untung Sangaji

LHOKSUKON - Kapolres Aceh Utara AKBP Ahmad Untung Surianata atau Untung Sangaji membenarkan dirinya diperiksa Propam Polda Aceh beberapa waktu lalu. Pemeriksaan tersebut terkait adanya sejumlah waria yang diamankan ke Polres Aceh Utara dalam Operasi Pekat (Penyakit Masyarakat), Sabtu, 27 Januari 2018 lalu.

“Iya, saya diperiksa pihak Polda Aceh,” kata AKBP Untung Sangaji saat ditemui portalsatu.com, Kamis, 1 Februari 2018.

Untung juga mengaku tersinggung jika sampai kasus ini berujung mutasi terhadap dirinya. Namun dia tidak menjelaskan secara detil terkait hal tersebut.

“Ya, saya tersinggung. Ketersinggungan saya banyak hal, tapi tidak bisa saya jelaskan ya. Kalau dibilang marah, ya saya marah, tapi kan ya bagaimana, itu komandan saya. Karena komandan saya itu orang tua saya," kata Untung.

Meskipun demikian, Untung mengaku sedang menjalankan beberapa program di Aceh Utara. Menurutnya pemeriksaan terhadap dirinya tersebut menjadi contoh tidak baik bagi kinerja kepolisian.

"Ini akan menjadi contoh bagi mereka yang punya jabatan para pemimpin. Ya, kita mau bilang ke mana, ya ke pemimpin. Jangan lantas membuat kita shock terapi, seperti kita lakukan ini ke penjahat,” ujar Untung.

Pria yang pernah terlibat aktif di lapangan saat memerangi teror di Jakarta beberapa waktu lalu ini, juga menyesalkan langkah-langkah yang diambil pimpinannya. Padahal apa yang dilakukannya tersebut dalam rangka menegakkan Qanun Syariat Islam yang sedang diterapkan di Aceh.

“Walaupun sudah benar itu dilakukan pemeriksaan, betul, tapi jangan begitu caranya. Kan bisa ditelpon, semacam teguran bapak ke anaknya. Apa yang terjadi saat ini, membuat polisi kita dan masyarakat yang tadinya ingin melindungi Islam dan menjalankan Syariat Islam menjadi takut, pasti takut ini, sehingga yang salah akan semakin bebas.”

Untung tidak mempermasalahkan tindakan  Mabes Polri terhadap dirinya pasca razia para waria tersebut. Namun, dia menyebutkan banyak harapan masyarakat yang telah dipercayakan kepadanya termasuk keselamatan generasi muda dan moral anak-anak.

“Jika begini caranya, jadi tidak nyaman bekerja,” kata AKBP Untung Sangaji. []

Editor: BOY NASHRUDDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.