07 December 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Disaksikan Istri Baru, Raja Thailand Tunjuk Jenderal Cantik Jadi Selir

...

  • PORTALSATU
  • 04 August 2019 13:30 WIB

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn menunjuk seorang jenderal cantik sebagai selir resmi dalam sebuah upacara yang disaksikan istri barunya. Foto/Progressth789/You Tube
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn menunjuk seorang jenderal cantik sebagai selir resmi dalam sebuah upacara yang disaksikan istri barunya. Foto/Progressth789/You Tube

BANGKOK - Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mengadakan upacara, di mana ia menunjuk salah satu jenderal cantik dan pacar lamanya sebagai selir resmi. Anehnya, penunjukan itu disaksikan istri barunya, Jenderal Suthida Vajiralongkorn, sang mantan pramugari Thai Arways.

Selir resmi merupakan peran yang secara formal belum diakui Kerajaan Thailand sejak 1921.

Raja Maha Vajiralongkorn—juga dikenal sebagai Raja Rama X—menunjuk Mayor Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi sebagai Royal Noble Consort, gelar resmi untuk selir utama. Upacara itu diumumkan situs Royal Central yang dikutip Sabtu, 3 Agustus 2019.

Dalam upacara yang disiarkan stasiun televisi, yang juga jatuh pada ulang tahun ke-67 Rama X, ia menganugerahi Sineenat dengan empat medali termasuk Ordo Chula Chom Klao, sebuah medali paling terkemuka atau tertinggi di negara Gajah Putih.

Dari video dan sejumlah foto terlihat sang permaisuri Jenderal Suthida Vajiralongkorn duduk di samping Raja Rama X. Mantan pramugari itu baru dinikahi Raja Rama X sekitar tiga bulan lalu.

Sekadar diketahui, Rama X telah menikah empat kali. Dia pertama kali menikah dengan sepupunya, Putri Soamsawali Kitiyakara pada tahun 1977 dan memiliki satu anak. Mereka kemudian bercerai. 

Raja itu juga menjadi ayah dari lima anak dengan Yuvadhida Polpraserth, yang akhirnya menjadi istri keduanya. Mereka menikah pada 1994 tetapi bercerai dua tahun kemudian. 

Pada tahun 2001 Rama X menikahi istri ketiganya dan mereka memiliki satu anak dalam pernikahan yang bertahan 13 tahun mereka sebelum bercerai pada tahun 2014.

Ini adalah pertama kalinya seorang raja Thailand secara terbuka memiliki lebih dari satu pasangan sejak akhir monarki absolut pada tahun 1932.

Gelar Royal Noble Consort sebelum ini pernah diberikan pada seorang perempuan pada tahun 1921. Empat raja Thailand terdahulu tercatat menganut monogami kecuali Raja Rama VIII yang tidak pernah menikah.

Penulis: Muhaimin.[]Sumbersindonews.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.