23 July 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia

H. Nazaruddin Ibrahim:
DOKA: Programnya Dirancang Sesuai Kemauan Elite, Harus Dilakukan Perubahan Secara Radikal

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 10 July 2018 17:45 WIB

Ilustrasi. @istimewa/net
Ilustrasi. @istimewa/net

LHOKSEUMAWE - Pengamat kebijakan publik, H. Nazaruddin Ibrahim, S.H.., MIPS., menyampaikan beberapa catatan soal penganggaran dan implementasi Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) selama ini.

Nazaruddin Ibrahim menilai, sampai saat ini indikator keberhasilan pelaksanaan DOKA diukur dari habisnya anggaran tersebut dipakai, bukan kepada dampak dari penggunaannya kepada rakyat. Sehingga, kata dia, dana tersebut tidak pernah dilihat dampaknya kepada peningkatan kualitas hidup rakyat seperti pendidikan, ekonomi/pendapatan rakyat.

“Misalnya, apakah benar program dengan dana otsus rakyat Aceh telah berhasil meningkatkan pendapatan sehingga rakyat miskin berkurang. Berapa berkurangnya, di mana saja dan dengan program apa,” kata Nazaruddin Ibrahim kepada portalsatu.com, Selasa, 10 Juli 2018.

Nazaruddin Ibrahim menilai, selama ini program bersumber dari DOKA dirancang sesuai dengan kemauan elite dan kepentingan, bukan berdasarkan prioritas dan kebutuhan, sehingga programnya tidak sustain. “Tidak ada visi besar dan hanya orientasi projek,” ujarnya.

Oleh karena itu, dia melanjutkan, sistem penganggaran dan pengawasan DOKA harus dilakukan perubahan secara radikal. “Dan harus berorientasi kepada dampak atau manfaat kepada rakyat, bukan kepada serapan anggaran. Di lain hal, pengawasan partisipatif harus menjadi nadi program tersebut,” kata Nazaruddin Ibrahim.[]

Lihat pula: Penangkapan Gubernur Aceh Harus Jadi Cambuk, KPK Diminta Kejar Semua yang Terlibat

Editor: portalsatu.com


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.