29 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


DPRA Minta Plt. Gubernur Aceh Hadiri Sidang Paripurna Penyampaian Jawaban Hak Interpelasi

...

  • Fakhrurrazi
  • 23 September 2020 14:10 WIB

Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin. Foto: dokumen ANTARA/Khalis
Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin. Foto: dokumen ANTARA/Khalis

BANDA ACEH - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh meminta Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menghadiri sidang paripurna mendengar jawaban atas interpelasi DPRA.

Rapat paripurna dalam rangka penyampaian jawaban/tanggapan Gubernur Aceh terhadap penggunaan hak interpelasi DPRA akan digelar pada Jumat, 25 September 2020, pukul 14:30 WIB.

"Pemberitahuannya sesuai dengan mekanisme yang ada, harus disampaikan tiga hari sebelum jadwal paripurna itu. Sudah kita sampaikan (pemberitahuannya)," kata Wakil Ketua DPRA, Safaruddin, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu, 23 September 2020.

"Kalau beliau merasa sebagai kepala daerah yang baik terus menyiapkan seluruh rangkaiannya. Ini kan secara konstitusional dilakukan di DPRA sebagai mitra strategisnya Pemerintah Aceh," ujar Wakil Ketua DPRA dari Partai Gerindra itu.

Safaruddin mengatakan Plt. Gubernur Aceh boleh menyampaikan jawaban secara langsung atau mengirim perwakilan. Namun, bila tak dapat hadir langsung untuk memberi keterangan dalam rapat paripurna, kata dia, maka Nova Iriansyah diwajibkan menyampaikan jawaban secara tertulis kepada DPRA.

"Secara etika pemerintahan, ya, kita berharap beliau datang. Kita juga ingin menerima keterangan itu langsung dari beliau. Cuma kan dalam regulasi itu membolehkan saja, beliau bisa mewakili ketika berhalangan dibuktikan dengan tertulisnya, maka beliau bisa wakilkan dengan pejabat lainnya," ujar Safaruddin.

Menurut Safaruddin, sidang paripurna penyampaian jawaban/tanggapan Gubernur Aceh terhadap penggunaan hak interpelasi DPRA tetap akan digelar, meskipun Nova tidak hadir nantinya. Namun, DPRA berharap Plt. Gubernur Aceh itu hadir.

"Kemarin-kemarin enggak datang, ya, bukan sesuatu yang aneh lagi bagi kami, cuma kan biar publik aja yang menilai. Bagi kita berharap datang enggak datangnya, urusan interpelasi tetap jalan," tegas Safaruddin.[](*)

Lihat pula: Dokumen Interpelasi DPRA Disetujui, Apa Saja Isinya?

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.