21 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


DPRA Tunda Rapat Paripurna, Ini Alasannya

...

  • Fakhrurrazi
  • 25 March 2020 21:30 WIB

Dahlan Jamaluddin, Ketua DPRA. Foto: dok. portalsatu.com
Dahlan Jamaluddin, Ketua DPRA. Foto: dok. portalsatu.com

BANDA ACEH - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menunda rapat paripurna yang rencananya akan dilaksanakan pada Kamis, 26 Maret 2020/besok. Keputusan penundaan paripurna tersebut diputuskan dalam rapat pimpinan DPRA dengan para ketua komisi, Rabu, 25 Maret 2020.

Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin, mengatakan salah satu alasan penundaan rapat paripurna tersebut karena Sekretariat DPRA sampai hari ini (Rabu sore) belum sepenuhnya mampu menyiapkan sarana dan prasarana terkait protokol area keramaian dan protokol kesehatan penanganan Covid-19 sebagaimana telah diatur World Health Organization (WHO) dan Pemerintah Indonesia.

“Kita tidak ingin acara-acara kita justru bertolak belakang dengan protokol Covid-19. Bagaimanapun kesehatan dan keselamatan menjadi yang utama,” kata Dahlan Jamaluddin.

Alasan lainnya penundaan rapat paripurna tersebut, beberapa anggota DPRA baru saja kembali dari daerah berstatus merah Covid-19 seperti DKI Jakarta. “Kita ingin kawan-kawan kita ini beristirahat dulu di rumah, mengisolasi diri,” ujar politikus Partai Aceh itu.

Saat ini, kata Dahlan, Sekretariat DPRA sedang menyiapkankan protokol mekanisme rapat-rapat DPRA secara online atau teleconference. “Karena bagaimanapun DPRA sebagai unsur penyelenggara pemerintahan sesuai mandat konstitusional harus tetap berjalan melaksanakan tugas dan fungsi serta tanggung jawab konstitusionalnya,” pungkas Dahlan.

Berdasarkan surat nomor: 160/745 diteken Ketua DPRA tertanggal 24 Maret 2020, ditujukan kepada pimpinan dan para anggota dewan, direncanakan akan digelar rapat paripurna pada Kamis/besok, untuk lima agenda. Yakni, penyerahan laporan hasil pelaksanaan reses pimpinan dan anggota DPRA tahun 2019; pemilihan anggota Badan Kehormatan DPRA; dan pengumuman pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Berikutnya, pengumuman pembentukan Pansus DPRA, yaitu Pansus Pembangunan Gedung Onkologi RSUDZA; Pansus Pencairan Kredit PT Bank Aceh Syariah; dan Pansus Pengadaan Barang dan Jasa APBA-P Tahun 2019.  

Satu agenda lainnya, persetujuan pembatalan proyek multiyears tahun anggaran 2020-2022.

Namun, DPRA kemudian memutuskan menunda rapat paripurna tersebut.[](nsy)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.