09 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia

Gayo Lues
DPRK Tolak Empat Dokumen Pertanggungjawaban APBK 2019

...

  • Win Porang
  • 29 July 2020 15:15 WIB

 H. Ali Husin, Ketua DPRK Gayo Lues. Foto: Win Porang
H. Ali Husin, Ketua DPRK Gayo Lues. Foto: Win Porang

BLANGKEJEREN - DPRK Gayo Lues menolak empat dokumen Laporan Nota Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) tahun 2019. Penolakan itu disampaikan pada rapat paripurna hari kedua di Gedung DPRK setempat yang diakhiri dengan skor sampai batas waktu tidak ditentukan.

Ketua DPRK Gayo Lues, H. Ali Husin, dikonfirmasi wartawan usai rapat paripurna itu mengatakan empat dokumen yang belum disahkan itu harus dilakukan perbaikan oleh pemerintah daerah dalam waktu dekat.

"Keempat dokumen yang harus diperbaiki itu antara lain LKPJ (laporan keterangan pertanggungjawaban), rancangan qanun perhitungan, review Inspektorat, dan LHP BPK (Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan) yang disampaikan ke kita. Artinya begini, karena ada beberapa penulisan tidak seragam," kata Ali Husin.

Menurut Ali Husin, akibat tidak seragam penulisan maka timbul persepsi dan tafsiran yang macam-macam. Untuk itu diberikan kesempatan kepada Pemkab Gayo Lues melakukan perbaikan administrasi yang tidak sinkron.

"Kita ini semuanya kan manusia. Jadi, bekerja terlepas dari kesempurnaan. Mungkin ada hal-hal atau kalimat perlu disamakan persepsinya, sehingga kami berkesimpulan, kalau ini disahkan, keterkaitan empat dokumen ini jadi dua kesimpulan, karena review dari Inspektorat, dan LHP BPK, mereka sebagai pengawas pelaksanaan, dan pegangan kita adalah LHP BPK. Jadi, penulisan yang belum sempurna ini kita berikan waktu kepada Pemda menyempurnakanya," jelas Ali Husin.

Pastinya, kata Ali Husin, DPRK Gayo Lues tidak akan menyetujui Nota Pertanggungjawaban APBK 2019 jika tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan berlaku. Namun, pihaknya tetap berharap Pemda segera melakukan perbaikan supaya rapat paripurna cepat tuntas dan dilanjutkan rapat perubahan anggaran 2020 dan APBK tahun 2021.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.